10 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula, No 7 sering diabaikan loh

0
215

Ada berbagai macam tujuan seseorang mendaki gunung. ada yang mendaki gunung karena ingin refeshing, sebagian lagi ada yang mau olah raga, ada juga yang mau naik gunung karena pengen tampil beda di medsos. Terlepas dari apa tujuan kamu mendaki gunung kita semua sepakat bahwa kegiatan mendaki gunung merupakan kegiatan yang berbahaya dan penuh resiko.

betul tidak?

Dalam melakukan kegiatan pendakian gunung tentu saja membutuhkan beberapa persiapan agar pendakian menjadi lebih matang sehingga diharapkan tidak mengalami kendala ataupun masalah kedepannya nanti.

Lalu apa saja persiapannya?


Pada dasarnya persiapan pendakian gunung cukup sederhana, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa tips untuk pendakian gunung, terlebih lagi untuk seorang pemula yang notabene belum begitu paham mengenai pendakian gunung.

Apapun tujuan anda, Mendaki Gunung merupakan pekerjaan berbahaya dan penuh resiko. Click To Tweet

Dengan memperhatikan beberapa informasi atau tips yang akan kita bahas nantinya, Kamu sebagai seorang pemula dalam hal pendakian gunung akan lebih mengerti dan paham mengenai persiapan dan tata cara pendakian gunung

Sehingga kedepannya kamu bisa menghindari resiko ataupun permasalahan yang mungkin terjadi di dalam perjalanan kamu nantinya.

Benarkah demikian?

Tentu saja benar jawabannya, dengan memperhatikan setiap detail dari tips pendakian tentu saja semua kebutuhan akan lebih terorganisir secara tepat dan juga efektif.

Untuk pendaki wanita juga perlu memperhatikan beberapa hal karena persiapannya berbeda dengan pria, secara lengkapnya ada di sini 10 Tips Penting Yang Perlu Diketahui Pendaki Gunung Wanita.

Lalu bagaimana  persiapan dan juga tips dalam mendaki gunung untuk seorang pemula?

Persiapan dan caranya memang cukup sederhana, dan berikut ini adalah beberapa persiapan dan juga tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendakian gunung untuk kamu yang merasa seorang pemula:

1.    Mencari informasi

Untuk hal pertama yang perlu Kamu lakukan sebelum mendaki adalah dengan mencari informasi, dalam artian, Kamu perlu mencari informasi di mana lokasi yang dituju, lokasi berkumpul, jam berapa berkumpul untuk mendaki, melakukan kegiatan apa saja di sana dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika sudah mendapatkan informasi tersebut tentu saja nantinya akan lebih mudah dalam mendaki.

Lakukan riset yang mendalam mengenai lokasi yang ingin dituju. luangkan waktu anda untuk browsing di internet, ataupun bertanya di forum-forum.

2.    Melengkapi peralatan mendaki

Setelah nantinya Kamu mengetahui tujuan dari pendakian tersebut, maka Kamu bisa segera membuat daftar peralatan apa saja yang diperkirakan untuk dibawa. Yang jelas adalah peralatan standar pendakian seperti sepatu gunung, tenda, kemudian sleeping bag, alat masak dan yang lainnya.

Peralatan mendaki sendiri memang akan berbeda pada setiap orang karena kebutuhan orang juga berbeda-beda. Yang paling utama adalah peralatan yang menurut Kamu penting dan berfungsi dengan baik. Perhitungkan juga masalah Berat dan space yah sob, Sesuaikan dengan kemampuan kamu, jangan bawa beban yang terlalu berat ataupun terlalu besar hanya karena pengen terlihat gagah. perhitungkan dengan matang apa yang harus kamu bawa dan tidak harus kamu bawa.

3.    Melakukan olahraga

Salah satu hal yang sangatlah penting untuk diperhatikan dan dilakukan adalah olahraga. Hal tersebut karena bersangkutan dengan fisik Kamu sendiri. Untuk bisa membiasakan diri mendaki gunung, olahraga sangat dianjurkan untuk dilakukan karena akan membuat tubuh menjadi lebih fit dan juga lebih sehat. Dengan demikian Anda akan kuat dalam melakukan pendakian gunung itu sendiri. adapun beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga ringan seperti jogging, lari, loncat – loncat dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk Kamu yang baru, bisa jogging tiap hari atau minimal 3 kali seminggu selama sebulan sebelum pendakian. sementara padasaat hari -2 sebelum pendakian bisa stop jogging untuk mengistirahatkan otot.

4.    Manajemen logistik

Jika semua peralatan mendaki sudah dipersiapkan, maka jangan lupa untuk membawa beberapa makanan dan minuman karena  juga yah sob, kegiatan pendakian akan sangat membutuhkan banyak tenaga sehingga peranan dari makanan dan minuman sangatlah penting, Usahakan bawa makanan yang manis-manis (semanis kamu.. Iya kamu..) agar mudah diserap oleh tubuh. Seperti Madu, Coklat, Permen dll.

Selain makanan, Kamu juga perlu memperhatikan Pakaian yang akan Kamu kenakan nantinya. Usahakan untuk menggunakan Pakaian yang berbahan ringan dan tidak menyerap air. Jangan sesekali memakai pakaian yang berbahan Woll atau Jeans, Selain pergerakan menjadi tidak leluasa, bahan tersebut juga berat, terlebih saat basah beratnya bisa jadi berkali lipat.

5.    Surat izin pendakian

Surat izin ini bernama SIMAKSI dari daerah tujuan pendaki. Hal tersebut bertujuan agar pendaki tercatat padasaat sebelum dan sesudah melakukan pendakian. sehingga jika terjadi masalah di gunung, pihak berwenang setempat bisa membantu dengan cepat. berguna juga agar nantinya pendaki tidak membuat masalah yang dapat merusak alam, karena biasanya sebelum mendapatkan izin pendakian, kamu akan dibreafing atau diberi pengarahan terlebih dahulu, sehingga kedepannya nanti kamu jadi lebih siap.

Jangan sepelekan masalah izin pendakian yah sob, sudah banyak loh pendaki yang meninggal karena jalur di tutup, izin pendakian tidak di berikan mereka nekat menggunakan jalur ilegal yang berujung pada hilangnya nyawa mereka sendiri. So, Patuh lah pada pihak berwenang setempat, boleh jadi izin pendakian tidak diberikan karena cuaca buruk, gunung meletus dsb.

6.    Berdoa sebelum mendaki

Hal ini juga penting untuk dilakukan karena semua tergantung dari Yang Maha Kuasa bukan? Untuk meminta perlindungan, keselamatan dan juga dihindarkan dari masalah tentu saja dengan berdoa. Selain itu juga akan memberikan ketentraman di dalam hati yang bisa membuat hati menjadi lebih tenang sehingga bisa berpikir secara rasional dan berpikiran dingin.

7.    Mengikuti setiap prosedur safety first

Pada saat mendaki gunung, ada baiknya jika Kamu mengikuti prosedur safetyfirst yang mana banyak disarankan oleh pendaki yang sudah professional. Terlebih lagi jika Kamu melakukan pendakian bersama dengan rombongan, tentu Kamu juga perlu memperhatikan rombongan bukan? Akan lebih baik jika sudah lelah jangan segan atau malu untuk bilang kepada rombongan kalau kamu sudah lelah ataupun jika ada masalah lainnya. Jangan diam saja saat kamu mengalami kendala, sehingga kedepannya kamu tidak merepotkan rombongan.

8.    Membawa turun sampahmu

Saat kamu lagi istirahat untuk makan ataupun minum kumpulkan sampahmu yah sob untuk dibawa turun nanti padasaat pulang, sampah yang perlu kamu bawa turun itu sampan non organik aja seperti pembungkus makanan, botol air dll.

Sekarang ini banyak pendaki yang meninggalkan sampahnya di gunung sehingga banyak terjadi pencemaran ataupun merusak pemandangan. Jika kamu mampu, akan lebih bagus lagi kalau bukan cuma sampahmu saja yang dibawa turun melainkan sampah orang lain yang kamu temui di jalan dibawa turun sekalian. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kelestarian alam, cara sederhana menjaga lingkungan alam juga bisa kamu baca disini: 5 cara menjaga lingkungan dan alam sekitar kita.

9.    Tetap hidup

Tujuan kita mendaki gunung adalah puncaknya, namun yang menjadi tujuan utama tentunya pulang dengan selamat. Bukan cuma untuk seorang pemula saja bahkan pendaki yang sudah professional sekalipun tentunya memiliki tujuan untuk tetap hidup dan selamat sampai pulang kerumah. Ingat, Puncak adalah bonus, Pulang kerumah dengan selamat adalah yang utama.

Jangan sampai di tengah perjalanan Anda mengalami suatu masalah yang bahkan bisa sampai meregang nyawa dan berujung pada kematian. Mengingat mendaki gunging merupakan suatu kegiatan yang cukup menantang dan bisa dibilang olahraga ekstrim.

10.    Jangan lupa Mandi.

Meskipun kegiatan ini disebut dengan pendakian gunung, tetapi jika nantinya Anda melihat ada air ataupun sungai yang bersih maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mandi. Jangan jadi pendaki yang malas mandi yah sob, macam kebo aja hehe. Dengan mandi di alam terbuka nantinya akan mendapatkan kesegaran karena air yang ada di sungai biasanya sangat bening dan segar digunakan untuk mandi. Terlebih lagi jika Kamu sudah melakukan pendakian dengan waktu yang cukup lama. Mandi bukan cuman membawa kesegaran, berguna juga menghindari kita dari penyakit semacam gata dll.

Itulah beberapa tips dasar pendakian untuk pemula versi HabisManis.com, Kalau kamu punya tips lainnya bisa tambahkan di comment yah sob. Mari kita saling berbagi 🙂

Lihat Juga:  Tips Travelling Hemat Bersama Pasangan Yang Mudah Dan Menyenangkan