10 Tips Penting Yang Perlu Diketahui Pendaki Gunung Wanita

0
219

Pendaki gunung sekarang ini tidak hanya kaum adam saja tapi juga para wanita yang memang memiliki hobi untuk mendaki gunung. Mendaki gunung merupakan salah satu olahraga yang sangat menyehatkan dan menyenangkan terutama karena gunung memiliki pemandangan yang indah. Pemandangan di puncak gunung yang indah, elok, dan masih asri menjadi daya tarik tersendiri terutama untuk para pecinta alam.

Namun sebagai kaum hawa, persiapan untuk pendakiannya sendiri ada beberapa yang sedikit berbeda kalau dibandingkan dengan cowok.

apa sajakah yang harus kamu persiapkan?

Persiapan untuk mendaki gunung sangatlah banyak apalagi untuk kaum hawa yang memiliki kondisi badan dan kebutuhan yang lebih banyak jika dibandingkan laki-laki. Terlebih lagi untuk seorang pemula, kalau kamu seorang pendaki pemula, maka bisa baca selengkapnya di 10 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula.

Secara umum sendiri persiapan yang harus dilakukan pendaki gunung antara lain mempersiapkan fisik, barang bawaan, dan informasi mengenai gunung yang akan didaki. Namun, selain berbagai persiapan tersebut anda para pendaki wanita harus melakukan persiapan lebih supaya pendakian menjadi lebih nyaman, lancar, dan aman. Berikut ini tips penting yang harus diketahui pendaki gunung wanita sebagai persiapan untuk mendaki gunung:

  1. Melakukan olahraga ringan sebelum mendaki

Olahraga ringan perlu dilakukan sebelum kamu melakukan pendakian agar otot tubuh tidak kaku dan tegang. Olahraga ringan yang bisa dilakukan menjelang hari pendakian bagi pendaki gunung wanita yaitu berenang atau joggig. Dengan melakukan kedua olahraga tersebut sebagai persiapan pendakian maka nantinya saat mendaki otot tubuh tidak akan kaget sehingga bisa meminimalisir resiko kecelakan yang tidak diinginkan misalnya keseleo.

  1. Ketahui dan perhatikan tanggal menstruasi

Semua wanita pasti sudah memahami dengan baik bahwa menstruasi bisa datang sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari maupun ditunda. Karenanya, pendaki wanita perlu mengetahui dan memperhatikan tanggal datangnya menstruasi. Cara paling mudah untuk mengetahui tanggal datangnya menstruasi adalah dengan mencatat tanggal dimulai dan berakhirnya menstruasi setiap bulan secara rutin untuk mengetahui jarak datangnya menstruasi. Jarak datangnya menstruasi pada tubuh wanita yang sehat akan sama pada setiap bulan sehingga bisa diperkirakan kapan datangnya menstruasi berikutnya. Meskipun datangnya menstruasi dapat diperkirakan sebaiknya tetap bawa pembalut supaya lebih aman jika menstruasi datang lebih awal atau terlambat dari tanggal yang sudah diperkirakan.

  1. Ajak pendaki wanita lain sebagai teman

Teman wanita akan sangat membantu ketika mendaki gunung apalagi dalam melakukan urusan dan keperluan khusus wanita. Pendaki gunung wanita yang mendaki gunung bersamamu juga bisa membuat kamu merasa lebih nyaman dan aman meskipun teman mendaki kamu yang lainnya semuanya adalah laki-laki. Selain itu, teman wanita bisa jadi teman mengobrol yang nyaman buat kamu selama mendaki ataupun ketika berkemah untuk istirahat.

  1. Perhatikan dan jaga asupan makanan

Walaupun kamu sedang berada di alam liar tapi memperhatikan dan menjaga asupan makanan sangat penting untuk dilakukan tidak hanya bagi pendaki gunung wanita saja tapi juga laki-laki. Makanan yang kamu makan akan mempengaruhi kondisi tubuh selama melakukan pendakian nantinya. Bila makanan yang dimakan tidak sehat tentu akan membuat tubuh menjadi kurang prima atau bahkan kamu bisa jatuh sakit. Untuk itu, asupan makanan harus diperhatikan dan dijaga dengan membawa serta mengkonsumsi makanan yang sehat maupun bernutrisi.

  1. Tidur cukup di malam hari

Pada saat mendaki gunung semua pendaki pasti ingin segera mencapai puncak atau tempat tujuan pendakian. Namun, sebaiknya luangkan waktu untuk beristirahat dan tidur setiap malam hari selama mendaki gunung terutama bagi pendaki gunung wanita. Tidur di malam hari perlu kamu lakukan supaya tubuh yang lelah setelah seharian mendaki menjadi segar kembali dan untuk merawat kesehatan serta kecantikan kulit. Semua wanita pasti ingin kulit terawat kecantikan dan kesehatannya meski berada di alam liar apalagi kulit terutama bagian wajah adalah aset utama yang berharga.  

  1. Mengatasi permasalahan buang air kecil dan besar

Pendaki gunung wanita harus tahu dan memahami betul bahwa tidak akan menemukan toilet selama mendaki gunung. Hal tersebut mungkin tidak menjadi masalah lagi bagi pendaki wanita yang sudah pernah melakukan pendakian tapi berbeda dengan pendaki wanita yang masih pemula. Untuk para pendaki wanita yang masih pemula sebaiknya memahami dan membiasakan untuk mengatasi permasalahan buang air kecil dan besar di alam terbuka.

  1. Bawa tisu basah dan kering

Tisu basah dan kering akan sangat membantu dalam melakukan berbagai kebutuhan khusus wanita anda. Tisu basah dan kering selain diperlukan untuk membersihkan muka maupun badan juga berguna untuk mengatasi permsalahan buang air kecil serta besar. Dengan membawa tisu basah dan kering kamu para pendaki gunung wanita tidak perlu bingung ketika tidak menemukan air bila ingin membersihkan wajah ataupun badan.

  1. Kenakan pakaian khusus untuk mendaki

Semua pendaki baik laki-laki maupun wanita pasti ingin mengenakan pakaian yang nyaman dan bisa melindungi tubuh dengan baik saat mendaki. Karena itu, selalu kenakan pakaian khusus untuk mendaki agar mendaki menjadi lebih lancar dan aman bagi tubuh. Pakaian khusus mendaki akan melindungi tubuhmu dari hawa dingin dan tergores serta bisa menyerap keringat dengan baik.

  1. Jangan melakukan diet

Diet merupakan hal yang harus dihindari ketika kamu mendaki gunung sebab mendaki gunung membutuhkan energi yang besar. Energi yang besar bisa didapatkan bila mencukupi asupan makanan yang sehat selama mendaki. Bila asupan makanan yang dimakan tidak tercukupi maka tubuh nantinya tidak akan memiliki cukup energi untuk melakukan pendakian atau bahkan kamu bisa jatuh sakit.

  1. Bawa dan kenakan sarung tangan

Sarung tangan sangat penting untuk dibawa dan dikenakan untuk melindungi tangan ketika kamu pendaki gunung wanita melakukan pendakian. Sarung tangan bisa melindungi tangan dari goresan ataupun rasa sakit ketika kamu perlu merangkak ataupun berpegangan pada pohon. Tidak hanya itu saja, sarung tangan bisa menjaga tanganmu tetap hangat selama mendaki gunung.

Beberapa tips di atas sebaiknya diterapkan oleh pendaki wanita yang akan mendaki gunung sebagai olahraga untuk menyehatkan tubuh dan menyegarkan pikiran. Mendaki memang sangat menyenangkan apalagi kamu bisa bertemu orang baru selama perjalanan, melihat pemandangan yang indah, dan menikmati udara yang masih segar serta bersih. Namun, agar pendakian menjadi lancar dan tidak menemui kendala-kendala yang menyulitkan maka perlu mempersiapkan tubuh serta semua keperluan dengan baik. Nah, bagi para pendaki gunung wanita bisa menjadikan tips ini sebagai panduan untuk melakukan persiapan mendaki gunung. Dan ada baiknya pula jika kamu memperhatikan bagaimana cara menjaga alam sekitar, dan penjelasan lengkapnya bisa kamu baca di sini 5 cara menjaga lingkungan alam sekitar.

Lihat Juga:  Mau Liburan Hemat Ke Korea Selatan? Yuk Simak Tipsnya Sebelum Kesana