4 Manfaat Self-Talk Untuk Kesehatan Mental dan Perkembangan Diri

Berdialog dengan orang lain tentu sudah sering dilakukan. Dengan berdialog bersama orang lain, kamu bisa menerima masukan dan wawasan yang baik untuk perkembangan diri. Namun, apakah kamu pernah mencoba berdialog dengan diri sendiri?

Berdialog dengan diri sendiri atau self-talk adalah sebuah cara untuk berdialog dengan inner voice di dalam kehidupan sehari-hari. Self-talk bisa jadi sebuah bentuk sugesti untuk diri sendiri dan membantu kita menjadi lebih aware dengan diri sendiri.

Ada dua jenis self-talk, yaitu self-talk positif dan self-talk negatif. Self-talk positif bersifat mendukung, affirmative, dan bisa meningkatkan kepercayaan diri. Sedangkan self-talk negatif bersifat menjatuhkan, melemahkan diri, dan menutup diri dari potensi baru serta memicu kecemasan, seperti dilansir dari Healthline.

Baca Juga:  Banyak Pasien Diabetes Tak Sadar Mengalami Kerusakan Mata

Self-talk positif berguna untuk menghalau self-talk negatif. Self-talk positif dapat mengurangi perasaan cemas, stress, dan dapat membawa kita ke kesempatan yang tak terduga. Itu baru sebagian kecil dari manfaat self-talk positif. Berikut ini ada empat manfaat self-talk positif untuk kesehatan mental dan perkembangan diri.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

self talk positif/photo by Giorgio Trovato on Unsplash/rasa percaya diri

Self-talk positif dapat membantumu merasa percaya diri. Rasa percaya diri tentu berpengaruh untuk keberhasilan karier dan kehidupanmu. Cobalah untuk lakukan morning affirmation di depan kaca saat akan memulai aktivitas untuk membangkitkan semangat dan percaya dirimu.

Menumbuhkan Sikap Optimis Terhadap Masa Depan

optimis terhadap masa depan
self talk positif/photo by Estee Janssens on Unsplash/optimis masa depan

Berikutnya, selain kepercayaan diri, self-talk positif dapat menumbuhkan sikap optimis terhadap masa depan. Dengan memiliki pandangan yang optimis, kamu pun lebih bersemangat untuk menggapai goals dan impian di masa depan. Hal ini memberikan sense of purpose dalam hidupmu.

Baca Juga:  Membatasi jumlah asupan makanan bisa bantu turunkan berat badan?

Sudut Pandang yang Positif

sudut pandang positif
self talk positif/photo by Conner Ching on Unsplash/sudut pandang positif

Aspek negatif dalam kehidupan memang tak bisa dihindari. Namun, dengan rutin menerapkan self-talk positif, kamu akan memiliki sudut pandang yang positif dalam menyikapi hidup. Kamu bisa membantumu lebih bijaksana menghadapi masalah dan dapat menentukan langkah untuk mengatasinya.

Menggali Potensi Diri

potensi diri
self talk positif/photo by Sarah Cervantes on Unsplash/potensi diri

Pernahkah kamu merasa takut untuk mencoba sesuatu yang baru karena dianggap tidak cukup berbakat? Atau menolak posisi baru di pekerjaan karena takut gagal? Self-talk positif akan mendorong dan mendukungmu untuk membuka potensi diri sekaligus membantumu untuk bangkit ketika mengalami kegagalan.

Baca Juga:  Cryptic Pregnancy, Kondisi saat Seorang Wanita Tidak Tahu Dirinya Hamil

Daripada berkata, “Aku tidak cukup berbakat,” coba ubah perspektifmu menjadi, “Mungkin ini adalah kesempatanku untuk belajar dan berkembang.”

Sumber: beautynesia