6 Tempat Fantastis Ini Bakalan Jadi Rekomendasi Terbaik Bagi Para Pecinta Olahraga Hiking dan Berkemah

0
94

HMC Lovers, Olahraga hiking merupakan salah satu jenis kegiatan alam yang paling banyak digemari masyarakat, khususnya daun muda nih. Alasan utamanya karena hiking sangat menantang, ekstrim, dan pemandangan alamnya itu lho membuat ketagihan. Kamu nggak hanya akan jalan-jalan dan menjelajahi area pegunungan saja. Tapi juga menikmati indahnya pemandangan alam yang ada disekitar, seperti barisan bukit hijau, air terjun, sungai berair bening, danau, jurang, goa, dan masih banyak lagi.

OIahraga Sambil Berpetualang

Berbeda dengan jenis olahraga biasa seperti jogging, bulu tangkis, sepak bola, atau malah melatih otot di tempat gym. Olahraga hiking memang sangat mengasikkan dan menyenangkan karena menawarkan sensasi yang berbeda. Di sini, kamu akan menyusuri kawasan gunung dimana terdapat berbagai macam jenis tantangan alam. Uniknya, tantangan tersebut seringkali datang tiba-tiba dan nggak bisa diprediksi sebelumnya. Misalnya saja nih kabut, hujan, atau bahkan badai yang datang tiba-tiba. Jika kamu nggak punya persiapan matang maka sudah dipastikan akan pusing tujuh keliling menghadapi hal tersebut. Kemudian tantangan lain seperti sulitnya medan jalanan yang dilalui, sumber air, makanan, dan tempat berteduh yang nyaman.

Lihat Juga:  4 Cafe Jogja yang Sedang Instagramable, Yuk Samperin!

Meskipun begitu, olahraga hiking digemari karena adanya sensasi petualangan yang diberikan. Mencoba bertahan hidup layaknya tentara di tengah hutan, memasak makanan sendiri, berburu, memanfaatkan hewan dan tumbuhan yang ada, dan sebagainya. Kegiatan alam yang satu ini bisa melatih kemandirian, pola pikir, dan juga kekuatan mental serta fisik kamu. Untung saja ya Indonesia kaya akan sumber daya alam sehingga kita nggak perlu kesusahan ketika harus berhiking atau berkemah di tengah hutan. Ada banyak sekali kok jenis tumbuhan yang bisa dimakan seperti buah mangga, jambu, rambutan liar, rotan, asparagus, murbei, dan bahkan pinus. Hewan yang bisa diburu juga banyak, ada burung, kijang, ikan di sungai, ayam hutan, dan sebagainya. Kamu nggak akan mati kelaparan kok jika sampai tersesat dan kehabisan bahan makanan saat hiking.

8 Rekomendasi Tempat Hiking Indonesia

Saking kayanya, kamu bahkan tinggal pilih saja tempat-tempat untuk melakukan olahraga hiking di Indonesia. Nah, berikut ini ada 8 rekomendasi kawasan gunung yang dapat kamu jelajahi!

  1. Goa Selomangleng, Kediri

Lihat Juga:  3 Destinasi Thailand Yang Sayang Jika Dilewatkan Saat Berkunjung Kesana

Pernah mendengar nama goa yang satu ini? Memang sih nggak terlalu terkenal seperti Goa Pindul atau yang lainnya namun Selomangleng punya jaluk hiking yang luar biasa indah. tempat ini sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Timur, khususnya di Kediri.

  1. Curug Sawer, Sukabumi

Curug Sawer merupakan salah satu tempat wisata air terjun di Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini nggak terlalu curam dan berbahaya kok. Ketinggiannya saja hanya mencapai kurang dari 20 meter dan ukurannya juga kecil. Di sekitarnya dikelilingi pohon dan tumbuhan lebat sehingga menambah asri pemandangannya. Untuk menuju kemari, kamu bisa melakukan hiking dengan melewati berbagai macam jenis medan jalanan.

  1. Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Pasti nggak asing lagi dong dengan tempat populer dan legendaries yang satu ini? Ya, Danau Ranu Kumbolo bahkan pernah dijadikan tempat syuting filem remaja terkenal yaitu 5 CM. Keindahannya juga bukan isapan jempol semata karena memang dikelilingi gunung dan bukit yang super fantastis. Meskipun dikabarkan sangat mistis, tapi tetap saja banyak pendaki dan para pecinta hiking yang datang kemari. Bahkan setelah lelah berjelajah, mereka menyempatkan diri untuk berkembah di sekitar danau tersebut.

  1. Gunung Semeru, Jawa Timur

Lihat Juga:  8 Tempat Snorkeling Paling Keren di Bali yang Menawarkan Pemandangan Cantik dan Unik

Gunung Simeru merupakan salah satu gunung tertinggi dan terindah di Indonesia yang selalu ingin ditaklukkan pendaki. Ketika kamu hiking di gunung ini maka jangan kaget ya kalau jalannya sangat sulit dan berbahaya. Apalagi gunung ini tergolong masih aktif mengeluarkan asap dan gas beracun. Walaupun begitu, kamu jangan meragukan keindahan alam sekitarnya. Ada padang rumput indah, hutan lebat, kawasan bunga edelweiss dan masih banyak lagi yang bisa kamu nikmati. (Bersambung ke halaman berikutnya)