Tips Agar Nggak Cepat Kelelahan atau Cidera Saat Olahraga Hiking

0
100

HMC Lovers, Olahraga hiking memang salah satu kegiatan outdoor yang paling menyenangkan. Kamu nggak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan alam pegunungan saja lho. Tetapi juga mendapatkan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Hiking bisa membuat badan menjadi lebih kuat, peredaran darah lancar, paru-paru dan jantung sehat, dan pastinya melepas stress serta penat.

Sering Kelelahan Saat Hiking

Nggak sedikit pecinta olahraga hiking yang mengeluh cepat kelelahan di tengah perjalanan. Meskipun kelihatannya mudah karena hanya perlu berjalan santai di kawasan gunung atau pegunungan, namun hiking cukup berat juga lho. Apalagi jika kamu masih tergolong pemula dan belum pernah sama sekali mencoba jenis kegiatan ini. Badan terasa pegal sih sudah pasti, karena hiking sifatnya membakar kalori dan termasuk jenis olahraga kardio. Selain itu beberapa faktor lain juga memicu badan cepat capek saat melakukan perjalanan di area gunung. Misalnya saja karena tekanan oksigen makin menipis, medan sulit, jalanan menanjak, suhu udara dingin, dan sebagainya. Tak heran juga banyak hikers yang mengalami cidera ketika sedang hiking.

Tips Agar Kuat Hiking

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat dan kuat ketika melakukan olahraga hiking, antara lain sebagai berikut!

  1. Kondisi Badan Fit

Sebelum memutuskan untuk pergi hiking, pastikan kondisi badan kamu tetap fit dan sehat. Kalau mempunyai riwayat penyakit tertentu, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri. Namun jika kamu benar-benar ingin mencoba olahraga ini maka mulailah dengan menjelajahi rute paling dekat dulu. Hal ini bertujuan agar badan kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan pegunungan dan nggak terlalu kaget.

  1. Pemanasan Itu Penting

Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mulai melakukan hiking. Banyak orang yang melupakan atau bahkan menganggap remeh kegiatan ini lho. Alasannya karena buang-buang waktu dan nggak begitu penting. Duh, kamu jangan begitu ya, karena pemanasan bertujuan untuk melemaskan otot serta sendi. Medan di area pegunungan itu sulit dan nggak bisa diprediksi. Bisa jadi kamu akan melewati jalanan menanjak, menurun, licin, berbatu, dan sebagainya. Kalau badan kurang pemanasan maka resikonya bisa mengalami cidera ketika melalui berbagai macam rintangan saat hiking. Misalnya saja kram, kesemutan, bagian persendian terasa linu, pegal, dan semacamnya.

  1. Jangan Terlalu Memaksa

Istirahat sebentar ketika nafas mulai terasa berat atau kaki sudah terasa sangat pegal. Jangan sampai kamu paksakan karena bisa membahayakan tubuh. Berhenti dan duduk sejenak sambil mengatur nafas dan mengumpulkan tenaga kembali.

  1. Jangan Sampai Dehidrasi

Siapa bilang dehidrasi cuman ketika udara panas dan kering saja? Saat berada di tempat berhawa dingin seperti pegunungan, kamu juga bisa mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan suhu serta tekanan udara rendah dan medan yang membuat badan cepat lelah. Usahakan bawa air minum di tas ransel agar kamu nggak kekurangan cairan.

Itulah beberapa tips ringan dan gampang yang penting banget kamu terapkan ketika melakukan olahraga hiking. Tujuannya agar badan tetap kuat, sehat, dan bisa mendapatkan segala manfaat besar dari kegiatan outdoor seru yang satu ini!

Lihat Juga:  Mau Beli Sleeping Bag? Ini beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli.