Pendaki Ini di Hukum Akibat Petik Edelweis di Gunung Merbabu!

0
247

Berikut kutipan dari postingan  Instagram resmi TNG Merbabu, tngunungmerbabu_official pada Rabu (4/7/2018) :

“Rudianto, seorang pendaki asal Batang didapati sedang memetik edelweis di pos 3 jalur pendakian Swanting. Rudi diberikan efek jera dengan melakukan bersih sampah dan namanya telah di blacklist di pendakian Merbabu. So buat pendaki yang lain jangan pernah petik edelweis ya… boleh ambil gambarnya tapi jangan petik bunganya,” begitu captionnya.

hal itu terlihat pada postingan video. Disertai judul penjelasan tentang pendaki yang memetik edelweis.

Dalam video itu, Rudianto pendaki pemetik bunga edidelweis sempat berkilah kalau tidak tahu ada aturan larangan memetik bunga. Namun seorang petugas TNG Merbabu, dengan tegas mengingatkan bahwa aturan tersebut sudah ada sebelum melakukan pendakian.

Lihat Juga:  Berwisata Ke Kawah Ijen Kerap Kena Pungli? PTPN Hukum Tegas Pelaku

Sebenarnya, memang sudah banyak larangan memetik bunga edelweis di masing-masing gunung di Indonesia. Itu pun sudah jadi aturan di luar kepala bagi setiap pendaki.

Sudah menjadi aturan diluar kepala bagi seorang pendaki untuk tidak memetik bunga Edelweis! Click To Tweet

Edelweis hanya hidup di atas ketinggian 2.000 mdpl. Bunga tersebut dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1. Ancamannya bisa kurungan penjara dan denda.

Kembali soal pemetik bunga edelweis di Gunung Merbabu, pihak TNG Merbabu memberikan hukuman kepada Rudianto berupa membersihkan sampah di pos 3 jalur pendakian Swanting. Pihak TNG Merbabu pun telah memblacklist nama si pendaki tersebut.

Lihat Juga:  Maskapai Ini Mengganti Sedotan Plastik Dengan Bambu, Alasan Peduli Lingkungan