4 Aplikasi Android wajib bagi pendaki, yang mana favoritmu?

0
173

Smarphone saat ini sudah begitu erat dengan kehidupan kita, fiturnya yang simple serta bisa diisi segudang aplikasi membuatnya menjadi alat yang sangat berguna bagi para pendaki gunung.

Banyak aplikasi pendakian di luar sana namun hanya sedikit yang benar benar bermanfaat buat pendaki gunung, terutama buat kita yang tinggal di indonesia, tidak semua aplikasi buatan barat sana bisa berfungsi dengan baik di tempat kita.

Berikut adalah aplikasi yang wajib ada di smartphone kamu sebelum melakukan pendakian.

 

1. Aplikasi “Panduan Mendaki Gunung”

panduanmendakigunung1Ya, itu adalah nama aplikasi berisi panduan mendaki gunung, persis dengan namanya. disini kamu bisa dapat informasi tentang panduan mendaki, informasi gunung, tips pendakian, kamu juga bisa memasukkan data barang ataupun data anggota pendakian. terdapat pula kompas serta tips dan trik pendakian.

panduanmendakigunungKelebihan aplikasi ini: Gratis, berbahasa indonesia, menu yang simple.

Sementara Kekurangannya: Saat ini hanya tersedia untuk OS Android, di iOS belum tersedia. Semoga kedepannya nanti bisa ada yah.

 

Lihat Juga:  Mau Beli Sleeping Bag? Ini beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli.

2. Google Maps – offline

cara-menyumpan-peta-offlineSaat pendakian kebanyakan lokasi tidak ada signal aplikasi ini berguna menampilkan peta padasaat pendakian, namun terlebih dahulu sobat harus mendownload peta padasaat terkoneksi dengan wifi. peta yang sudah didownload bisa ditampilkan kembali secara offline, mesti tidak ada koneksi internet.

Kelebihan: Tersedia untuk Android dan iOS, Gratis.

Kekurangan: Informasi pera offline masih sangat minim untuk area tertentu.

 

3. Squid : Make Notes, Markup PDF’s

squid-note

Aplikasi Note sangat penting untuk dipasang di smartphone kamu, bukan hanya untuk catatan, tapi juga membantu meminimalisir penggunaan kertas. jaman sekarangkan banyakkan yang naik gunung, coret-coret di kertas trus dibuang. Alangkah baiknya coretanmu simpan di smarphone/ tablet saja, agar kertasmu tidak menambah sampah yang ada di gunung. 🙂

 

Lihat Juga:  Hotel Kapsul Bandara Pertama Indonesia Segera Hadir Di Bandara Soekarno Hatta

4. PMI-FirstAid

pmifirstaid

Aplikasi ini dibuat oleh PMI, Bisa anda gunakan sebagai panduan melakukan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan saat pendakian.

Aplikasi ini sangat penting, dan wajib ada di smartphone anda.

panduan yang terdapat dialamnya disajikan tahap demi tahap disertai gambar yang jelas.

Itulah beberapa aplikasi yang kami naggap penting saat melakukan pendakian, barangkali sobat HM lovers punya referensi aplikasi aplikasi yang bermanfaat saat melakukan pendakian. silahkan tambahkan di comment yah.