Mau Backpacker-an ke Luar Negeri? Ini Dia 4 Info Penting yang Wajib Kamu Tahu

0
146

HMC Lovers, Bagi kawula muda, traveling ala backpaker tentu akan memberikan kesan tersendiri. Berbagai pengalaman unik selama perjalanan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Berburu tiket murah hingga mencari tempat destinasi yang gratis tis akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Apalagi, tujuan travelingmu ke luar negeri.

Wah…, tantangannya tentu lebih berat lagi, terutama perbedaan budaya dan adatnya.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk melakukan traveling ke luar negeri ala backpacker, ini nih berbagai informasi yang perlu kamu tahu terlebih dahulu.

# 5 Alasan Kuat Mengapa Luar Negeri Perlu Dipertimbangkan dalam Travelingmu

Mau tahu kenapa luar negeri perlu kamu pertimbangkan dalam jadwal travelingmu? Ini dia beberapa alasannya.

1.    Kamu bisa belajar banyak tentang budaya penduduk asli dari tempat tujuan destinasimu. Setiap daerah, apalagi luar negeri, tentu mempunyai banyak budaya yang bahkan belum pernah kamu lihat sebelumnya. Dengan bepergian ke luar negeri, kamu akan tahu betapa uniknya manusia di dunia ini, mulai dari cara makan, bekerja, hingga bergaul.

2.    Kamu bisa belajar tentang etos kerja yang dimiliki negara lain. Apalagi kalau tujuan destinasimu adalah negara maju yang sangat disiplin. Di sana, kamu juga bisa melatih diri untuk punya disiplin tinggi. Selain itu, kemajuan yang sudah dicapai negara tersebut juga dapat memicu semangatmu untuk memberikan kontribusi lebih pada Indonesia agar juga bisa mencapai kemajuan seperti negara tujuan destinasimu itu.

3.    Kalau tujuan destinasimu adalah negara miskin, kamu akan belajar untuk bersyukur telah lahir di negara Indonesia. Meskipun masih kategori negara berkembang, namun masih lebih makmur dibanding negara miskin lain.

4.    Kamu bisa menjadi duta pariwisata di negara tujuan. Sambil mengenal budaya mereka, kamu juga bisa mengenalkan berbagai budaya sekaligus wisata di Indonesia kepada mereka. Banyak orang asing yang mengenal Indonesia hanya sebatas Jakarta dan Bali. Padahal, di Indonesia buanyak banget tempat wisata yang indah, termasuk keragaman budayanya yang tak kalah menarik dengan budaya luar negeri.

5.    Kamu akan mendapatkan banyak teman lagi dan kini dari luar negeri. Kamu dapat mencari inspirasi dari kehidupan mereka untuk masa depanmu sendiri.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk melakukan traveling ke luar negeri ala backpacker, ini nih berbagai informasi yang perlu kamu tahu terlebih dahulu. Click To Tweet

# 4 Alasan Kuat Mengapa Traveling ala Backpacker Mengasyikkan

Traveling sendiri udah sangat mengasyikkan.

Apalagi kalau dilakukan dengan backpakcer.

Wah…, akan ada kesan yang lebih mendalam lagi. Mau tahu asyiknya traveling ala backpacker? Ini dia alasannya.

1.    Asyiknya berburu tiket murah. Udah pasti buat kamu yang hobi backpacker akan rela begadang bermalam-malam cuma untuk nunggu promo tiket murah. Tapi, kegiatan ini akan jadi mengasyikkan saat kamu benar-benar berhasil mendapatkannya di awal-awal promo. Kepuasan tersendiri akan kamu rasakan. Selain puas, kamu juga bisa lebih menghemat pengeluaran untuk akomodasi dan transportasi yang biasanya memakan banyak biaya.

2.    Mempunyai banyak teman perjalanan. Backpacker tidak akan malu untuk bertanya atau mencari teman selama perjalanan. Sebab, teman perjalanan merupakan satu-satunya orang yang bisa kamu ajak traveling seru. Penjelajahan dari destinasi satu ke destinasi yang lain menjadi lebih asyik lagi dengan teman baru perjalananmu itu.

3.    Mempunyai banyak cerita mengasyikkan saat hidup bersama penduduk lokal. Biasanya, backpacker lebih milih menginap di rumah penduduk dan berbaur di kehidupan mereka. Selain untuk menghemat biaya daripada menginap di hotel, kamu juga akan punya banyak cerita saat bergaul dengan mereka, yang tentu saja cerita-cerita menarik dan mengesankan.

4.    Biasa hidup dalam ketidakpastian. Apa yang akan terjadi selanjutnya dalam perjalanan, membuatmu semakin penasaran. Akan ada kejutan yang kamu dapatkan. Mungkin, kalau kamu masih pemula, akan sedikit gugup menghadapinya. Tapi, kalau kamu memang suka dengan tantangan, justru kejutan tersebut yang membuat perjalananmu menjadi semakin mengasyikkan.

# 3 Tips Hemat Traveling ala Backpacker ke luar negeri

Meskipun ke luar negeri, kamu juga bisa menghemat pengeluaran lho. Mau tahu bagaimana tipsnya? Ini dia caranya:

1.    Mencari tiket transportasi termurah. Selain mencari tiket promo, kamu juga bisa menghemat pengeluaran transportasi dengan memesannya jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan, membeli satu tahun sebelumnya juga perlu kamu lakukan jika memang ada harga istimewa di waktu itu. Atau, kalau kamu ingin traveling ke Eropa, datanglah di musim selain panas. Sebab, di musim panas, harga tiket akan melambung tinggi.

Meskipun ke luar negeri, kamu juga bisa menghemat pengeluaran lho. Mau tahu bagaimana tipsnya? Ini dia caranya Click To Tweet

2.    Memilih hostel ekonomi. Jangan disangka kalau di luar negeri hanya menyajikan penginapan mahal. Banyak hostel yang bahkan harganya lebih murah daripada Indonesia lho. Apalagi jika kamu memilih hostel kelas ekonomi, di mana satu kamar diisi beberapa orang. Sebagai seorang backpacker, banyak teman dalam satu kamar tentu justru semakin menyenangkan, bukan?

3.    Memanfaatkan loker gratis di bandara. Untuk beberapa negara, ada layanan loker gratis. Manfaatkan layanan ini untuk menyimpan barang bawaanmu. Jadi, kamu bisa leluasa pergi ke tempat wisata tanpa adanya barang bawaan yang berat.

# 8 Tips Menyiapkan Barang Bawaan sebelum Melakukan Perjalanan

Kamu tentu nggak ingin travelingmu  kacau hanya karena persiapan yang tidak matang, bukan? Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu siapkan agar travelingmu lebih aman dan anyam.

1.    Membawa uang tunai secukupnya, selebihnya masukkan dalam ATM.

2.    Membawa fotokopi visa, paspor, dan kartu bank, selain aslinya.

3.    Reservasi lebih dahulu tempat penginapan yang ada di negara tujuan.

4.    Membeli asuransi perjalanan.

5.    Ikut bergabung dalam komunitas backpaker internasional.

6.    Mencari tahu kondisi negara tujuan.

7.    Tidak perlu membawa barang tidak penting, seperti elektronik, laptop, hp, atau tas lebih dari satu.

Itulah beberapa info yang perlu kamu tahu sebelum backpacker-an ke luar negeri. Semoga bermanfaat. Selamat menikmati liburanmu.

Lihat Juga:  10 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula, No 7 sering diabaikan loh