Mengusung konsep kembali ke alam, bola tumbuh pot (bobupot) bisa menjadi alternatif baru bagi masyarakat urban. Selain bentuknya yang lucu dan bertekstur alami, bobupot memiliki sistem yang unik.

Tampilannya catchy dengan bentuk bulat. Di dalamnya terdapat ruang yang berfungsi sebagai ’’tandon air’’. Fungsinya mencukupi kebutuhan air pada tanaman. Berbeda dengan kebanyakan pot pada umumnya, bobupot tidak memiliki lubang di bawahnya. Hal itu membuatnya mudah ditempatkan di mana saja. Dimiringkan pun tak masalah.

Materialnya pun berbeda. Jika dilihat dari luar, tampak butiran gabah atau pasir. Pembuatannya pun tidak mudah.

Setidaknya dibutuhkan riset hampir setahun. Hal itu dilakukan untuk memastikan tanaman tetap bisa tumbuh.

Baca Juga:  Produksi Masal Xbox Series X dan S Terkesan Lambat, Ini Penyebabnya

Termasuk saat berada di ruangan ber-AC. ’’Dari riset, hasilnya bagus, tanaman tumbuh sehat,’’ kata pencetus bobupot Anddys Firstanty.

Bobupot terbuat dari beberapa lapisan. Bagian luarnya dari cocopeat dan sekam. Kemudian dipres dengan tambahan perekat. Nah, bulatannya terbuat dari high-density polyethylene (HDPE) sehingga mampu menopang beban tanaman di dalamnya.

Anddys menuturkan, media tanam bobupot menyesuaikan dengan jenis tanaman. Di samping itu, melihat besarannya.

Jika diameternya 40 sentimeter, sekam dan pupuk lebih banyak jika dibandingkan dengan tanah. Tujuannya, beban tidak begitu berat mengingat penempatan bobupot kerap digantung.

Perbedaan lainnya dengan pot biasa, bobupot tidak memiliki lubang di bawahnya. Sistem irigasi air dilakukan mandiri di dalam. Dengan begitu, ketika penempatannya digantung pun bobupot tetap aman. Tidak ada air yang tumpah sehingga area di bawahnya tetap bersih.

Baca Juga:  3x Janda, Masih Perawan

Anddys menambahkan, bobupot didesain sedemikian rupa. Bentuk bulatnya memiliki view 360 derajat.

’’Cocok untuk dijadikan elemen interior yang berkonsep natural,’’ ujar alumnus Arsitektur ITS Surabaya serta S-2 Landscape Architecture Hochschule Anhalt, Jerman, tersebut. Tak hanya tampil alami, bobupot juga mampu membantu ruangan menjadi dingin.

’’Terutama untuk bobupot yang tanamannya membutuhkan banyak air,’’ ucap Anddys.

SISTEM IRIGASI MANDIRI: Bobupot bisa digunakan untuk berbagai jenis tanaman dan teknik apa pun, mulai organik hingga hidroponik. (GUSLAN GUMILANG/JAWA POS)

Sebab, selain transpirasi dari tanaman, konsep bobupot yang memiliki tandon air di dalamnya turut membantu membuat kondisi ruangan lebih dingin.

Karena itu, bobupot dinilai bisa menjadi salah satu solusi untuk interior garden. Khususnya di perkotaan yang suhu udaranya cukup panas.

(GUSLAN GUMILANG/JAWA POS)

Sumber: JawaPos