Pandemi virus corona, COVID-19, yang menghantam tanah air pada awal tahun 2020 telah mengubah cara hidup, termasuk bagaimana cara orang-orang memandang makanan.

Mengingat tahun ini orang-orang banyak menghabiskan waktu di rumah untuk menghindari penyebaran virus, comfort food jadi juara dalam daftar tren makanan pada 2020.
​​​​​​
Pakar tren, trendologist Mike Kostyo dikutip dari Whatsupmag pada Minggu memaparkan bahwa menurut sejarah, makanan rumahan yang bikin nyaman, memberi penghiburan dan punya daya tarik nostalgia cenderung dicari orang di masa-masa sulit seperti masa resesi dan juga pandemi.

“Selama resesi, kita biasanya mencari comfort food yang terjangkau. Ketika masa-masa sulit, Anda ingin dihibur, Anda ingin memilih hal-hal yang Anda tahu akan disukai seluruh keluarga, Anda tidak ingin mengambil risiko uang untuk sesuatu yang baru dan belum terbukti,” kata Kostyo.

Pada awal dan pertengahan Maret, Kostyo mencatat bahwa pizza adalah pilihan makanan paling dicari, utamanya di Amerika Serikat.

Artikel New York Times dari awal April merinci bahwa penjualan sup Campbell telah melonjak 59 persen dalam sebulan terakhir dan penjualan biskuit Pepperidge Farm Goldfish crackers melonjak hampir 23 persen.

Bagaimana di Indonesia?
Sepanjang 2020, masyarakat di Indonesia juga menggandrungi makanan rumahan yang bisa membuat masa-masa berdiam diri di rumah selama pandemi lebih nyaman.

Chef selebriti Yuda Bustara memiliki daftar makanan yang menjadi tren di Indonesia sepanjang 2020 sebagai berikut:

1. Dalgona Coffee

Dalgona coffee (Pixabay)

Virus corona membuat orang-orang harus tetap di rumah, sekolah hingga bekerja pun wajib di lakukan di rumah agar virus COVID-19 tak semakin menyebar.

Tak bisa pergi keluar untuk nongkrong bersama teman-teman di kafe kesayangan membuat orang-orang berkreasi. Entah untuk mengusir rasa bosan atau memang kangen minuman dan makanan mal.

Salah satu tren kreasi di 2020 yang banyak menghiasi laman media sosial hingga jadi viral adalah Dalgona Coffee.

Cara membuatnya yang sederhana, hanya terdiri dari tiga bahan yakni kopi espresso, gula dan air putih dan alat pengaduk, membuat sajian es kopi ini trending di 2020.

“Membuat Dalgona coffee antigagal, salah satu tipsnya adalah jangan mengganti gula putih dengan gula aren ya. Gula putih akan menstabilkan foam agar tidak kempes dan tahan lama, jadi jangan diganti brown sugar. Dalgona akan mengembang lebih baik jika menggunakan whisk,” kata Yuda, Sabtu.

Baca Juga:  Sarapan Simpel Dan Ringkas, Berikut Resep ala chef William Gozali

Selain Dalgona, kopi dalam kemasan literan juga cukup digemari selama pandemi. Di masa-masa perekonomian sulit akibat pandemi COVID-19, kopi literan menjadi alternatif yang hemat namun tetap nikmat bagi para pencinta kopi. Kopi rasa kafe tetap bisa dinikmati kapan saja di rumah yang nyaman dan aman.

2. Roti sourdough

​​​​

Roti sourdough (Pixabay)

Tren penganan lain di 2020 versi finalis Asian Food Channel Next Celebrity Chef, Yuda Bustara adalah roti sourdough.

Banyaknya waktu luang di rumah membuat orang-orang jadi hobi memanggang roti. Sourdough adalah salah satu jenis roti yang banyak dicoba.

Sourdough adalah roti yang difermentasi dengan ragi alami, bukan ragi instan kemasan yang biasa dijual di toko.

Meski banyak yang menganggap pembuatan sourdough ribet karena butuh waktu lama sekira lima hari, namun cara membuatnya yang natural memenuhi harapan orang-orang untuk hidup lebih sehat di 2020. Selain itu, proses membuat adonan ragi alami atau starter membuat masa-masa isolasi mandiri di rumah jadi lebih asyik.

Membuat roti sourdough dimulai dengan membuat adonan starter terdiri dari tepung dan air saja. Tepung dan air dicampur dimasukkan ke dalam wadah lalu ditutup dan disimpan dalam suhu ruangan selama 24 jam.

Hari kedua, buang sebagian starter dan “beri makan” dengan menambahkan tepung dan air lagi dan simpan kembali. Ulangi hingga hari kelima di mana starter siap digunakan.

Untuk membuat roti sourdough, tinggal campur starter dengan tepung untuk roti, gula, garam dan susu.

3. Salmon mentai rice
Semangkuk nasi putih hangat dengan topping salmon panggang bumbu mayonaise gurih dengan taburan rumput laut renyah du atasnya menjadi salah satu kreasi yang paling digemari di 2020.

Selain memberi rasa nyaman sebuah comfort food yang menenangkan hati, salmon mentai rice juga menjadi pilihan asupan kaya gizi.

Yuda mengatakan, salmon mentai tak perlu selalu membutuhkan oven untuk memanggang. “Bisa menggunakan wajan atau panci panas dan tingkat kematangan salmon bisa disesuaikan dengan selera,” kata dia.

4. Korean Garlic Bread

Satu lagi makanan asal Korea Selatan yang menjadi hits di Indonesia, Korean garlic cheese bread yang bertekstur fluffy dan creamy.

Disebut garlic bread alias roti bawang karena bentuknya yang menyerupai bawang putih dengan enam siung.

Baca Juga:  Makanan Jepang di Kedai Kaki Lima Bernama Sakura Ini Terkenal Enak

Keenam sisi roti yang saling menyilang menyerupai siung bawang putih diberi keju dan dilumuri bumbu lantas dipanggang. Krim keju yang meleleh dengan sensasi rasa bawang putih yang gurih memberikan sensasi yang berbeda dengan jenis roti lainnya.

Roti ini menjadi favorit masyarakat Indonesia menemani saat-saat berdiam di rumah di kala pandemi COVID-19.

5. Dessert box

Dessert box (Pixabay)

Berbagai dessert box sempat hits di pertengahan tahun 2020. Yang paling viral tentunya dessert “Bittersweet” oleh Najla Bisyir.

Dessert box yang dikemas dalam bentuk boks berukuran sekira 10×10 cm sangat digemari karena rasanya yang nikmat dan praktis.

Ada berbagai variasi rasa dessert box mulai dari ovaltine, milo, oreo, cokelat, tiramisu, matcha, choco regal, red velvet, dalgona, hingga cream cheese.

6. Empon-empon
Seiring pemerintah di sejumlah daerah di Indonesia mengumumkan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), keinginan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang bisa menguatkan imunitas tubuh kian meningkat.

Salah satu minuman yang diklaim mampu menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh adalah empon-empon yakni minumlah yang terbuat dari rempah-rempah kelompok rimpang seperti kunyit, temulawak, kencur, serta jahe merah yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Yuda Bustara mengaku rajin mengkonsumsi empon-empon selama 2020. “Favorit saya empon-empon, karena dipercaya untuk menambah imunitas, dan juga bahannya murah, bisa didapatkan di mana saja,” kata dia.

7. Frozen food
Frozen food tak dipungkiri jadi favorit selama 2020, selain praktis, makanan kemasan beku ini bisa jadi alternatif jajanan atau bahkan lauk pendamping nasi selama masa PSBB, di mana pergerakan sangat terbatas. Orang-orang yang membatasi diri bepergian keluar sangat terbantu dengan adanya frozen food yang bisa disimpan lama di dalam kulkas.

Ada berbagai variasi frozen food yang dijajakan mulai dari baso aci, cireng, cuanki, donat, dimsum hingga chicken katsu.

8. Donat goreng krispi
​​​​​​​

Donat goreng (Pixabay)

Donat sudah jadi comfort food orang Indonesia sejak dahulu kala.

Jika bbiasanya donat memiliki tekstur lembut dan empuk, ada satu jenis donat yang cukup viral selama masa pandemi virus corona yakni donat goreng krispi.

Baca Juga:  Ayam goreng ala Korea dari Moon Chicken Renyah gurih

Donat ini memiliki tekstur luar yang renyah namun bagian dalamnya empuk. Adonan donat krispi sama dengan donat biasa. Bedanya, donat krispi dilapisi campuran tepung beras sebelum digoreng.

Chef Yuda Bustara membagikan resep mudah membuat donat krispi hanya dengan tiga bahan yakni tepung, susu dan ragi.

Susu hangat dan ragi dicampur jadi satu lalu ditambahkan tepung kemudian didiamkan. Setelah mengembang, masukkan adonan tepung ke dalam adonan tepung beras atau tepung instan pisang goreng lalu goreng hingga kecokelatan.

Isi donat dengan isian sesuai selera.

9. Minuman madu bee pollen
Sepanjang 2020, makanan atau minuman apa saja yang mengandung khasiat kesehatan sepertinya jadi buruan masyarakat.

Salah satunya adalah madu lengkap dengan bee pollen yakni butiran-butiran kecil yang dibuat oleh lebah saat berada di atas bunga, dan terdiri dari pollen, saliva atau liur lebah, serta nektar atau madu.

Bee pollen sebenarnya adalah makanan lebah. Mereka biasanya membawa butiran pollen ke sarang mereka.

Tidak seperti madu yang dapat dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak, bee pollen harus dikonsumsi sesuai dosis. Masukan sesendok madu ke dalam teh hangat di sore hari bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.

10. Makanan meal prep
Yuda Bustara mengatakan salah satu tren di dunia makanan yang “hype” selama pandemi virus corona tahun 2020 adalah konsep makanan meal prep.

Konsep meal prep atau meal preparation adalah memasak makanan dalam jumlah banyak kemudian dibagi dalam porsi dan wadah terpisah untuk dihangatkan selama beberapa hari ke depan.

“Kita cukup masak satu hari kemudian setelah itu makanan disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara, nanti tinggal dihangatkan sebentar dan bisa langsung dimakan,” kata Yuda.

Konsep meal prep sangat praktis diterapkan selama pandemi karena orang-orang tidak perlu repot masak setiap hari yang berarti harus lebih sering keluar untuk berbelanja.

Caranya, masaklah makanan setengah matang lalu masukkan dalam wadah kedap udara kemudian simpan di dalam kulkas.

Makanan berkonsep meal prepbisa bertahan selama dua minggu hingga satu bulan jika disimpan dengan benar.

“Semua makanan bisa diolah dengan konsep meal prep ,” kata dia.

Sumber: Antara