Liburan Sendiri Enaknya Kemana? Simak 5 Destinasi Solo Travelling Berikut

0
231
Gambar ilustrasi (unsplash.com Colton Duke)

Barangkali Kamu ingin sesekali melakukan petualangan sendirian? Mungkin Kamu lagi galau, sehingga kamu pengen mencoba tantangan dan suasa baru sendirian? Atau mungkin kamu ingin bertemu dengan teman-teman baru yang ramah dan unik? Sudah saatnya kamu melakukan Solo Travelling. Namun biasanya yang paling dikhawatirkan adalah destinasi yang aman buat travelling sendirian.

Oleh sebab itu ada baiknya anda membaca tips simpel solo travelling ini sebelum berangkat.

Padahal ada cukup banyak destinasi liburan untuk solo traveller yang aman di Indonesia loh! Kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negri sana. berikut adalah 5 destinasi diantaranya:

1. Pulau Lombok

Ilustrasi (unsplash.com:Eirik Skarstein)

Pulau ini sudah berlebel “wisata halal” yang ramah bagi para turis Muslim. Penduduknya juga ramah-ramah dan pasti akan membantu kala Kamu lagi kesulitan. Kamu bisa menikmati sunset di aneka pantai Lombok yang Kamu kunjungi. Air terjun yang mempesona dan indah juga siap memanjakan mata kamu. Selain itu juga, jangan lewatkan keindahan beberapa Gili di Pulau Lombok. Di Gili Kamu bisa nikmati indahnya wisata bawah laut yang sayang untuk dilewatkan.

Tersimpan sejuta keindahan di pulau yang letaknya berdekatan dengan pulau Bali ini. Tak mau kalah dengan Bali, aneka destinasi wisata menarik juga ada di Lombok untuk para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kamu yang lagi solo travelling ke lombok jangan menyia-nyiakan waktu.

Mengunjungi Pulau Lombok bisa dengan kapal laut ataupun pesawat, sedangkan untuk berkeliling di Lombok kamu cukup menyewa sepeda motor. Jangan lupa membawa bahan bakar cadangan sebab stasiun pengisian bahan bakar disana tidak sebanyak yang ada di Jawa ataupun di Bali.

Lihat Juga:  Cerita pendakian ke Gunung Kerinci

Sementara Untuk masalah makanan, kamu bisa temukan banyak penjual bakso atau juga Lalu kuliner lainnya seperti nasi bungkus yang mirip nasi Jinggo di Bali. Kamu juga bisa coba aneka makanan tradisional dari Lombok yang tak kalah nikmatnya seperti Plecing Kangkung, Ayam Taliwang, Sate Rembiga, Nasi Balap Puyung, Dan lain sebagainya.

Untuk tambahan kamu juga bisa menyimak Keunikan Pulau Lombok yang Sayang untuk Dilewatkan

2. Yogyakarta

Borobudur (unsplash.com:Olivier Lemieux)

Kamu juga bisa melirik Yogyakarta sebagai tujuan wisata kamu loh, karena di kota Gudeg itu terkenal dengan keamanan dan keramahannya bagi traveler.

Penduduknya pada ramah dan tentunya siap membantu para wisatawan jika meminta dan bertanya pada mereka dengan santun dan sopan.

Alasan lain kenapa Yogyakarta layak dipilih jadi destinasi solo traveler ialah karena akses transportasi publiknya yang mudah. Kamu bisa ketempat ini dengan bus, kereta api, maupun pesawat terbang.

Kalau sudah tiba di Jogja, kamu bisa berkeliling kota naik bus Trans Jogja, bisa juga naik transportasi tradisional seperti delman dan becak. Pilihan lainnya dengan naik motor yang bisa kamu sewa dekat tempatmu menginap. Kamu bisa leluasa berkeliling dengan motor ke banyak tempat wisata di Jogja lebih cepat dibanding jika menggunakan bus Trans Jogja.

Untuk masalah makanan, kamu bisa jajal aneka ragam makanan tradisional Jogja yang harganya juga ramah banget di kantong.

Kamu bisa mampir ke beberapa wisata kuliner seperti: Bakmi Pele, Soto Sulung Stasiun Tugu, Bakpia Patuk, dan lain sebagainya.

Sementara Untuk urusan penginapan, di Jogja banyak tersedia penginapan dengan harga cukup terjangkau sehingga kamu juga bisa lebih berhemat lagi.

Lihat Juga:  Api Asian Games Singgah Di Sleman, Diharapkan Bisa Meningkatkan Jumlah Wisatawan

Pilihan wisata di Yogyakarta ini cukup banyak. Kamu bisa berfoto ria di keraton Jogja, boleh juga pasang aksi di permandian waterpark Jogja Bay. Jangan juga lewatkan untuk berwisata candi, misalnya seperti candi perambanan, candi borobudur dan lain sebagainya.

3. Pulau Flores

Flores Island (unsplash.com:Ash Edmonds)

Pulau Flores juga bisa jadi tujuan solo travellingmu. Pulaunya memang tidak terlalu besar namun tempatnya aman kok untuk liburan sendiri. Warganya baik dan tak segan untuk membantu kamu saat kamu membutuhkan bantuan.

Untuk dapat berkunjung ke Flores, kamu mesti menyiapkan budget lebih yah. Sebab kita tidak tahu bagaimana keadaan dan kendala di sana. cara termudah untuk datang pulau Flores dengan menggunakan Pesawat. Kamu bisa mendarat di Labuan Bajo karena di sana ada Bandara Internasional. Kemudian, kamu bisa sewa ojek untuk bisa berkeliling pulau Flores.

Kalau kamu pengen liburan dengan budget terjangkau, kamu bisa menginap di hostel. Di sana kamu juga berkesempatan bertemu dengan banyak solo traveler lain.

Lokasi wisata di Flores memang kebanyakan berada di daerah pelosok, namu yakin deh kamu tak bakal rugi mengunjunginya. Kamu bisa lihat danau Kelimutu yakni Danau 3 warna, berkunjung ke desa unik Wae Rebo dan wisata lainnya yang lokasinya cukup jauh dari kota. Kamu bisa menyewa motor dengan tarif Rp 80.000-100.000 per harinya untuk menuju destinasi wisata pilihanmu.

4. Pulau Bali

Bali (unsplash.com:Oliver Sjöström)

Pulau Dewata Bali juga bisa jadi tempat solo traveling yang cukup nyaman buat kamu. Tidak perlu merasa kesepian meski sendiri karena di sana ada banyak turis dalam dan luar negeri yang juga melakukan solo travelling, mereka bisa kamu ajak berkenalan dan bercengkrama mengisi kesepianmu. Kesempatanmu terbuka lebar untuk dapat teman baru di sini.

Lihat Juga:  Ini Dia 4 Tempat Wisata Di Singapura Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Cukup banyak yang bisa kamu lakukan di Bali. Mulai dari menyusuri gang-gang di Bali, menjelajah deretan pantainya yang terkenal indah, Menelusuri keindakan Pura-puranya dan menikmati hiburan malam yang banyak bertebaran disana dan lain sebagainya.

5. Kota Bandung

Kota yang juga di kenal sebagai Paris van Java ini wajib masuk list tujuan solo travelling kamu. Kota yang nyaman dengan udaranya yang sejuk dan berkesan asri. Bandung memiliki berjuta tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan. Keamanan kamu pun terjamin selama ber-solo travelling di sini.

Saung Angklung Udjo – Gambar diambil dari SINI

Jelajahi indahnya Bandung dari Museum Geologi sampai Saung Angklung Udjo dan juga Paskal Food Market yang sudah lama tersohor. Deretan taman kota yang juga Instagrammable siap menjadi tempat ber fose kamu.

Kala kamu ada di Bandung jangan sampai tidak melakukan wisata kuliner juga, ya. karena Bandung juga terkenal sebagai surganya kuliner. Kamu bisa habiskan malam kamu dengan menyusuri Jalan Cisangkuy dan Cilaki. Di sana kamu akan menemukan banyak jajanan khas Bandung yang nikmat dan unik. Kamu juga bisa belanja oleh-oleh sepuasnya di Factory Outlet yang ada di jalan Riau, Dago, hingga Setiabudi.

Demikian 5 destinasi wisata yang menurut HMC aman untuk solo traveling. Masih ada rekomendasi tempat lain yang menurut kamu cocok untuk solo travelling? silahkan tambahkan di bagian comment 🙂