Inidia 4 Destinasi Wisata Prioritas Jokowi di Tahun 2020

370
Destinasi Wisata Prioritas Jokowi

Dalam pidato kenegaraannya, Presiden Jokowi akan memprioritaskan 4 tempat wisata untuk dikembangkan tahun 2020. Mari kita cari tahu apa saja yah.

Jakarta, Jumat (16/8/2019). Jokowi memberikan pidato RUU APBN 2020 dan Nota Keuangan di Gedung DPR RI, Dalam pidatonya, Jokowi menuturkan ada 4 destinasi yang akan jadi perhatian utama  pemerintah.

“Di sektor pariwisata, pada tahun 2020 Pemerintah memprioritaskan pembangunan empat destinasi wisata secara lintas sektor dan terintegrasi. Destinasi pariwisata tersebut meliputi Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, dan Candi Borobudur” tutur Jokowi.

4 tempat wisata yang disebutkan Jokowi mungkin tidak terdengar asing lagi bagi kawan-kawan traveler. Tempat-tempat wisata ini sangat ikonik dan mempunyai daerah-daerah cantik di Indonesia.

Seperti apakah empat tujuan wisata yang diperioritaskan Jokowi di tahun 2020 ini? kita telah merangkum, profil singkat tentang 4 destinasi prioritas itu.

1. Kawasan Mandalika di Lombok

Sirkui Mandalika akan menawarkan panorama indah laguna, solar cell farm, lapangan golf sampai Samudera Hindia
Desain sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok

Kawasan Mandalika di Lombok ini masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Di sini banyak pantai yang bisa jadi tujuan kamu untuk berwisata.

Lihat Juga:  Hotel Kapsul Bandara Pertama Indonesia Segera Hadir Di Bandara Soekarno Hatta

Jika Kamu Berkunjung kesini jangan lewatkan Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Serenting dan Pantai Gerupuk. Menikmati sore hari kamu bisa naik  ke Bukit Merese dan menikmati pemandangan perbukitan hijau yang dikelilingi laut biru. Bukit merese adalah merupakan salah satu tempat terbaik menikmati sunset loh.

Nama Mandalika semakin populer karena akan dibangun sirkuit MotoGP dan akan menjadi tuan rumah untuk Moto GP 2021 mendatang. Sirkuit sepanjang 4,3 Km ini akan dibangun di kawasan Mandalika yang dikelilingi destinasi wisata yang unik dan cantik.

2. Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia yang terletak di Sumatera Utara. Danau ini memiliki lebar 30 Km, panjang 100 Km dan kedalaman sekitar 1.600 meter. Danau Toba memiliki luas 1.145 Kilometer persegi ini membuatnya menjadi danau terluas di Asia Tenggara loh.
Keindahan Danau Toba Dari Desa Tuktuk Siadong-Adong Samosir
Ada beberapa spot menarik untuk menikmati indahnya Danau Toba yang tersebar mengelilingi danau, salah satu diantaranya adalah Bukit Simarjarunjung.

Lihat Juga:  Camping di Pantai Kayaknya Seru Tuh, Datangi Aja 5 Pantai Berikut!

Di tengah danau juga terdapat sebuah pulau bernama pulau Samosir, yang di dalamnya terdapat alam yang indah, air terjun yang memukau dan juga beberapa desa.

Kamu bisa mengenal lebih dekat kehidupan warga Batak di Pulau Samosir dan kawasan Danau Toba ini. Kamu juga bisa mengelilingi Desa Tuktuk Siadong-Adong, melihat makam sejarah Makam Raja Sidabutar dan lain sebagainya.

3. Labuan Bajo , Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo adalah desa yang berada di Nusa Tenggara Timur yang mempunyai beragam keindahan. Baik ituKeindahan laut, pegunungan, maupun keindahan kebudayaan yang sudah bukan rahasia lagi dikalangan traveler.

Indahnya desa waerebo labuhan bajo
Indahnya desa waerebo labuhan bajo © anekatempatwisata.com

Saat liburan ke Labuan Bajo kamu bisa berkunjung ke pulau-pulau cantik seperti Pulau Kanawa, Pulau Rinca,  dan Pulau Padar. Pulau Komodo adalah pulau yang wajib kita kunjungi saat berada di Labuhan Bajo sebab reptil purba yang populasi terbesarnya ada di sana dan Pulau Padar dengan pemandangan dari puncak bukitnya yang instagramable.

Di Labuan Bajo kamu juga wajib berkunjung ke desa Wae Rebo, desa yang unik dan eksotis yang masih terjaga kearifan lokalnya. Bentuk rumah adat yang unik, alamnya yang indah, serta keramahahan warganya menjadikan Wae rebo selalu favorit wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo loh.

Lihat Juga:  Gili Lawa Ditutup Untuk Sementara Waktu Pasca Kebakaran

4. Destinasi Wisata Prioritas Jokowi terakhir adalah Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Buddha ini berada di Magelang, Jawa Tengah dan berdiri megah dengan luas 2.500 meter persegi. Candi diperkirakan dibangun pada 750 M.

indahnya sunrise di candi borobudurSelain melihat kemegahan dan sejarahnya, Candi Borobudur juga terkenal dengan keindahan pemandangan sunrisenya. Bahkan keindahannya sampai ke luar negeri. Jadi tak mengherankan candi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Candi Borobudur ini juga pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia dan juga Warisan Dunia UNESCO loh.

Pada dinding-dinding candi kamu bisa menemukan sekitar 2.672 panel relief. Relief ini menceritakan kisah tentang perjalanan hidup Sang Buddha dan ajarannya, juga menceritakan kehidupan masyarakat Jawa di masa candi itu dibangun.