Tips Agar Anda Tetap Bugar

0
150
Tips Agar Anda Tetap Bugar

Dibawah ini Tips Agar Anda Tetap Bugar. Memiliki badan yang bugar adalah keinginan setiap orang tetapi banyak orang yang terlalu sibuk bekerja sehingga lupa dengan kesehatannya sendiri.

Sebenarnya untuk mendapatkan tubuh yang bugar tidaklah susah dan juga tidak harus mahal.

Jika kita ingin memiliki tubuh bugar, maka kita perlu memiliki gaya hidup yang mendorong tumbuhnya kebugaran. Berikut tips-tips agar anda tetap bugar:

1. Jangan sampai kekurangan cairan

Air merupakan zat gizi yang terpenting diantara semua zat gizi. Air menyusun lebih dari 60 % berat tubuh. Air sangat vital agar semua fungsi sel tubuh tetap berjalan dengan sempurna. Anda perlu untuk meningkatkan kadar air dalam tubuh secara teratur karena kadar air dalam tubuh dapat hilang melalui keringat, pernapasan, dan buang air kecil hingga dapat menurunkan daya tahan dan kekuatan tubuh.

Jangankan dehidrasi berat, dehitrasi ringan pun dapat membuat anda lekas merasa lelah karena tubuh tidak mampu mendinginkan dirinya sendiri secara efisien. Hal itu juga setara dengan 2 % berat badan dalam bentuk keringat yang berakibat pada penurunan kapasitas aerobik sebanyak 10-20 %.

Lihat Juga:  Resep Smoothie Jambu, Baiak Menurunkan Kadar Kolestrol

Para ahi kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsi 6-8 gelas air dalam sehari, baahkan lebih jika udara sangat panas dan khususnya ketika anda sedang berlatih secara intensif.

2. Sebelum berolahraga

Peneliti menunjukkan sangat baik untuk mengonsumsi makanan atau kudapan berbasi bahan karbohidrat ringan 2-4 jam sebelum latihan latihan dimulai. Hal ini akan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk secara bertahap mencerna makanan sehingga mencegah anda dari rasa mual. Meningkatnya kadar glukosa darah membuat tubuh dapat berkerja lebih kuat dan lebih lama.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa makan tiga jam sebelum berolaraga membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori. Hindari makan besar sebelum berolaraga, alih-alih meningkatkan performa latihan. Anda justru akan menjadi lamban dan merasa lesuh.

Lihat Juga:  Resep Salad Musim Panas, Berkhasiat Menambah Kekuatan

3. Selama Berolahraga

Siapa pun yang berolaraga selama 30 menit akan mendapatkan keuntungan jika secara teratur minum air. Menurut hasil penelitian, anda yang berlatih lebih dari 60 menit dengan mengomsumsi cemilan karbohidrat, kadar gula darah anda akan meningkat hingga anda akan berlatih lebih lama.

Karbohidrat yang cepat terbakar seperti pisang atau batangan sereal sangat baik untuk dikomsumsi. Minuman hisotonik juga merupakan pilihan yang baik, minuman kaya karbohidrat ini menyediakan bahan bakar bagi otot dan membantu mempercepat absorpsi air ke dalam aliran darah.

4. Setelah berolaraga

Lapar atau tidak setelah berolaraga, anda sebaiknya segerah mengonsumsi makan atau segera minum karena hal tersebut akan mempercepat pemulihan kondisi tubuh anda paska olahraga.

Enzim-enzim yang membuat glikogen (bahan bakar otot) berada dalam kondisi yang paling aktif antara 30 menit hingga 2 jam setelah anda berolaraga. Dan faktanya karbohidrat dikonversihkan satu dan setengah kali lebih cepat daripada normalnya ketika anda selesai latihan.

Lihat Juga:  Resep Bubur Milet, Membentuk Tulang Yang Kuat

Tunggu saja selama lebih 2 jam, anda pasti merasakan kemampuan tubuh untuk mengisi ulang kembali glikogen pada otot yang menurun hingga 60 %. Tambahan sedikit protein dalam kudapan anda akan mempercepat pemulihan cadangan glikogen untuk otot.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa porsi makan terbaik pasca latihanĀ  terdiri atas karbohidrat dan protein dengan barbanding 3:1, rasio perbandinagn ini akan menambah simpanan glikogen hingga 40 %.