Fakta Penting Tentang ASI yang Perlu Ibu Tahu

32
Fakta Penting Tentang ASI

Fakta Penting Tentang ASI, aktivitas menyusui bukan hanya sebuah aktivitas untuk memenuhi kebutuhan fisik bayi, melainkan juga untuk memenuhi psikis bayi.

Saat proses menyusui akan terjadi jalinan emosional yang semakin mendalam antara ibu dan bayi.

Berikut beberapa Fakta Penting Tentang ASI yang harus Ibu ketahui:

a. Setiap ibu memiliki kandungan ASI yang berbeda karena itu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bayi.  Selain itu, zat-zat yang terkandung di dalam ASI akan berbeda kadar dan komposisinya, mengikuti perkembangan kebutuhan bayi dari masa ke masa.

b. Ada berbagai macam mitos yang berkembang seputar ASI, terutama yang berkaitan dengan konsumsi makanan sang ibu. Banyak makanan yang tidak sehat telah dikonsumsi oleh ibu dan itu dapat berpengaruh terhadap ASI itu sendiri. Untuk itu, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu mengenai hal itu.

c. Mungkin kita pernah mendengar tentang ASI basi? Ternyata anggapan itu salah. ASI tidak akan pernah basi karena ASI diproduksi oleh ‘gudang’ di payudara secara terus menerus, saat terjadi kekosongan. Namun, ASI yang tidak dikeluarkan akan diserap kembali oleh tubuh. Jadi, ASI yang berada di dalam payudara tidak akan pernah basi.

d. Sebelum melakukan aktivitas menyusui, jangan membersihkan aerola (daerah gelap sekitar puting) menggunakan air. Cukup menggunakan ASI saja karena telah mengandung zat antibodi.

e. Agar produksi ASI dapat optimal maka ibu harus yakin dan percaya diri bahwa ia mampu menyusui.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan pengeluaran ASI, di antaranva saat melihat bayi, memikirkan bayinya dengan penuh perasaan dan kasih sayang, saat bayi menangis, mencium bayi, atau saat ibu dalam kondisi perasaan yang tenang, aman, dan nyaman.

Sebaliknya, yang menghambat pengeluaran ASI adalah jika ibu sedang dalam keadaan yang tidak stabil, seperti bingung, sedih, cemas, marah, atau kesal.

Terlebih saat ibu merasa takut bahwa ASI-nya tidak akan mencukupi. Selain itu, rasa sakit saat menyusui juga dapat berpengaruh.

Masa kehamilan dan menyusui memang sangat penting dan banyak sekali pengaruhnya, terutama untuk ibu.

Oleh karena itu. Sangat diperlukan banyak dorongan semangat untuknya karena ini sangat berhubungan dengan aspek psikologis.

Orang-orang terdekat memang sangat dibutuhkan untuk memberikan semua itu.