Hamil Dan Menyusui Adalah Masa Menakjubkan Bagi Wanita. Kenapa?

41
Masa Penting Seputar Menyusui

Hamil Dan Menyusui Adalah Masa Menakjubkan Bagi Wanita, Akan banyak sekali terjadi perubahan pada wanita selama proses kehamilan sampai menyusui, baik secara fisik maupun psikis.

Hal itu membuat setiap pasangan akan memiliki banyak cerita saat berada di masa itu.
Terlebih ketika kehamilan tersebut adalah untuk yang pertama kalinya.
Kehamilan pertama akan membuat suasana menjadi sangat membahagiakan bagi semua orang yang terlibat.
Persiapan untuk menjadi orang tua sudah seharusnya dilakukan jauh sebelum kita
menikah, terutama wanita yang nantinya akan menjadi seorang ibu.
Persiapan yang dilakukan tidak hanya berupa kesiapan secara fisik saja, melainkan juga secara psikis.
Secara fisik, tentu saja akan terjadi perubahan yang sangat drastis pada tubuh kita, dibandingkan masa sebelum hamil.
Perubahan yang dirasakan akan terjadi perlahan-lahan dan pasti dari awal kehamilan sampai dengan melahirkan.
Perut yang sebelumnya langsing, akan semakin membesar sesuai dengan usia kehamilan. Saat menimbang berat badan, akan terjadi kenaikan dan bisa menjadi sangat drastis.
Perubahan pada kulit karena terjadinya perubahan hormonal yang mengakibatkan kulit perut yang sebelumnya mulus menjadi semakin gelap, gatal, terdapat garis-garis, dan akan semakin parah jika digaruk.
Mengetahui perubahan secara fisik tersebut bisa membuat sebagian wanita mengalami kekhawatiran yang berlebih.
Bagaimana dengan kondisi psikis? Tidak jauh berbeda dengan kondisi fisik. Perubahan psikis yang terjadi juga bisa diakibatkan oleh terjadinya perubahan-perubahan fisik tersebut.
Perpaduan antara perasaan gembira karena telah mengandung dan akan memiliki buah hati, dengan perasaan cemas terhadap berbagai beban fisik yang akan ditanggung.
Ciri-ciri perubahan yang bisa dirasakan saat di awal kehamilan, biasanya akan berhadapan dengan kondisi mual, muntah, kepala terasa pusing, dan lemas. Semakin bertambahnya
usia kehamilan, keluhan lain akan muncul.
Tidak hanya itu, perasaan takut saat menghadapi proses persalinan juga merupakan permasalahan psikis tersendiri yang selalu menghantui.
Melewati masa kehamilan, kita akan masuk pada masa menyusui. Sama halnya dengan hamil, menyusui juga merupakan masa yang paling berkesan bagi seorang wanita.
Masa indah Saat mendekap hangat sang buah hati dan memberikannya asupan terbaik
yang tiada tandingannya di dunia ini, yaitu ASI.
Masa yang akan membuat jalinan komunikasi yang semakin mendalam antara ibu dan buah hatinya. Masa menyusui juga bukanlah masa yang mudah.
Saat menyusui, kita juga tidak terlepas dari berbagai keluhan baik secara fisik maupun psikis. Kejadian yang paling sering dialami ialah puting menjadi lecet dan payudara membengkak karena ASI membatu.
Selain itu, kondisi saat bayi menolak untuk menyusui merupakan hal yang harus dihadapi oleh para ibu. Kondisi psikis yang baik tentu sangat berperan penting dan dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas dari ASI.
Saat menyusui, ibu membutuhkan suasana yang tenang dan nyaman. Dukungan dari suami dan keluarga terdekat juga merupakan hal yang penting agar ibu mampu memberikan ASI secara eksklusif dan menuntaskan masa menyusui bagi sang buah hati.
Jadi, sangat baik bagi seorang calon ibu untuk sedari awal mulai mencari informasi yang berkaitan dengan proses kehamilan dan menyusui.
Dengan begitu, kelak dapat menjalani kedua masa menakjubkan tersebut dengan baik dan bahagia. Satu yang penting adalah menjauhkan semua yang membahagiakan itu dari beban yang akan mengganjal.
Itulah mengapa Hamil Dan Menyusui Adalah Masa Menakjubkan bagi seorang wanita dan pasangannya, semoga bermanfaat.