Buang air besar tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh, tapi juga membantu perut lega dan bebas begah.

Direktur Gastrointestinal Motility Center di Mount Sinai Hospital, Gina Sam, berkata bahwa pagi hari memang waktu terbaik untuk buang air besar.

“Kontraksi usus besar tubuh Anda bekerja pada tingkat tertinggi di pagi hari. Saat itulah tubuh Anda dirancang untuk buang air besar,” kata Sam dikutip dari Health.

Bila mengacu pemaparan Sam, buang air besar memang sebaiknya dilakukan secara rutin di pagi hari. Hanya saja, masih ada orang-orang yang mengalami kesulitan untuk itu.

Jika Anda salah satunya, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi sarapan yang mendukung kinerja sistem pencernaan sehingga buang air besar jadi lancar.

Berikut menu sarapan yang membantu memperlancar buang air besar.

Baca Juga:  Kelezatan nasi Padang dikemas ke dalam mie instan

1. Oatmeal

ilustrasi oatmealIlustrasi oatmeal. (iStockphoto/Arx0nt)

Oatmeal merupakan sumber serat larut air maupun serat tidak larut air. Kedua jenis serat ini akan mencegah konstipasi atau sembelit.

Dilansir Livestrong, serat larut air akan menyerap air sehingga feses menjadi besar, lunak dan mudah dikeluarkan. Sedangkan serat tidak larut bergerak cepat melalui saluran pencernaan sehingga mencegah sembelit. Oat juga bermanfaat sebagai prebiotik untuk bahan bakar probiotik usus.

2. Yogurt

Sesekali ada baiknya mengganti susu pada jus atau smoothie dengan yogurt. Produk yogurt di pasaran biasanya dikemas dengan probiotik yang baik buat usus. Sebagaimana dilansir My Recipes, studi pada 2014 menyebut probiotik dapat meningkatkan waktu transit di usus, frekuensi feses dan konsistensi feses.

Selain yogurt, Anda juga bisa mengonsumsi kefir. Sebuah studi yang diterbitkan di Turkish Journal of Gastroenterology menemukan konsumsi kefir tiap hari selama empat minggu meningkatkan frekuensi dan konsistensi feses.

Baca Juga:  Suka Makan Sandwich? Ini Kisah Asal Mulanya

3. Kopi

Ilustrasi Kopi HitamIlustrasi kopi. (IT-STUDIO/Pixabay)

Ada sebagian orang menggemari kopi sebagai sarapan karena membuat tubuh dan mata lebih segar. Rupanya kopi pun membawa manfaat buat usus. Hasrat ingin buang air besar setelah minum kopi memang nyata ada.

Kopi yang mengandung kafein akan memberikan sinyal pada lambung untuk memproduksi lebih banyak asam dan meningkatkan pergerakan usus.

Dalam tinjauan yang diterbitkan di World Journal of Gastroenterology, hal ini pun menimbulkan efek laksatif pada beberapa orang. Tidak hanya kopi berkafein, konsumsi kopi tanpa kafein pun akan membawa dampak serupa.

4. Buah-buahan

Serat jadi kunci nutrisi untuk pencernaan sehat dan buang air besar lancar. Selain avocado toast atau bubur ayam, coba selingi buah-buahan dalam menu sarapan Anda. Kandungan serat dan air jadi perpaduan sempurna untuk membantu buang air besar.

Baca Juga:  5 Makanan Unik Dan Aneh di Indonesia Yang Patut Dicoba

Semua buah baik dikonsumsi dan mengandung banyak serat. Namun, Anda mesti mengistimewakan pisang karena memiliki inulin atau serat yang membantu mengatasi konstipasi.

5. Roti dari biji-bijian

Tidak ada sarapan yang lebih baik daripada sarapan cukup dengan menyantap roti. Pilih roti yang benar-benar baik untuk pencernaan termasuk roti biji-bijian (whole grain). Whole grain membuat roti lebih banyak serat daripada roti putih biasa. 

Sumber: CNN

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!