Tanaman hias memang tengah menjadi tren di masa pandemi ini. Tak hanya tanaman hias di pot atau tanaman hias gantung, tanaman hias merambat untuk mempercantik dinding rumah juga tak kalah menariknya.

Tanaman merambat sangat cocok bagi rumah dengan lahan terbatas karena bisa membuat taman vertikal atau vertical garden dengan hanya bersandarkan dinding rumah.


Ada beragam jenis tanaman merambat yang bisa kamu coba kembangkan di rumah. Berikut lima jenis tanaman merambat, seperti dikutip dari Haibunda.com:

1. Bougenville
Tanaman hias merambat cantik ini sering disebut juga sebagai bunga kertas. Bunga bougenville tampil dengan warna yang cerah, seperti ungu dan merah muda, sehingga semakin terlihat indah.

Baca Juga:  Ide Kado Natal Terbaik Berdasar Zodiak

Kelebihannya, bougenville ini tahan panas dan mudah dirawat. Namun, pada bagian batangnya terdapat duri yang dapat melukai tangan. Jadi, perlu hati-hati saat memegangnya.

Bougenville. IstFoto: Bougenville. Ist
Bougenville. Ist

2. Mandevilla
Tak hanya bunga dengan warna yang menarik penglihatan seperti warna merah, pink, dan putih, tapi tanaman ini juga memiliki aroma wangi. Aroma wanginya bakal menimbulkan suasana rumah menjadi lebih sejuk.

Meski merambat di dinding, namun bunga ini tidak merusak dinding rumah.

Mandevilla. IstFoto: Mandevilla. Ist
Mandevilla. Ist

3. English Ivy
Warna hijau tanaman ini dapat menambah kesejukan dan keasrian sekitar tembok rumah. Tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah di mana pun dia menempel dengan pertumbuhan yang termasuk cepat.

Baca Juga:  Cara Aman Olahraga di Kota Berpolusi dan Rekomendasi Waktu Yang Tepat

Bentuknya tumbuh menjuntai ke bawah dengan daun kecil-kecil tapi berjumlah banyak.

English Ivy. IstFoto: English Ivy. Ist
English Ivy. Ist

4. Morning Glory
Tanaman ini disebutkan dapat menjaga kelembapan dan melindungi tembok rumah dari panas terik matahari. Tak hanya di dinding, tanaman ini juga bisa hidup di tanah kering dan di bawah sinar terik matahari.

Uniknya, bunganya berwarna biru dan hanya mekar di pagi hari, sehingga disebut dengan ‘morning glory’.

morning glory. IstFoto: morning glory. Ist
morning glory. Ist

5. Sirih Merah
Selain penghias tembok, tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai penghias pagar rumah. Bahkan, tanaman ini juga memiliki khasiat sebagai obat herbal.

Baca Juga:  Membatasi jumlah asupan makanan bisa bantu turunkan berat badan?

Berwarna hijau gelap dan kemerahan menambah kesejukan saat melihat tanaman sirih merah ini.

Tanaman ini tak perlu sering disiram. Bila sering disiram, tanaman ini justru akan cepat layu.

sirih merah. IstFoto: sirih merah. Ist
sirih merah. Ist


(wia) Sumber: CNBC