Pernah enggak sih kamu selalu mengikuti apa kata teman? Padahal sebenarnya belum tentu kamu ingin melakukannya. Bisa jadi kamu selama ini dimanipulasi sama mereka lho.

Manipulasi sendiri, yaitu suatu tindakan mengendalikan, mengubah, dan membelokkan perilaku atau persepsi orang lain. Ini merupakan cara untuk mempengaruhi seseorang dengan taktik tidak langsung, menipu, dan curang, agar tujuan pribadinya bisa tercapai.

Seseorang yang melakukan manipulasi biasa disebut sebagai manipulator dan mereka pandai dalam menggunakan taktik melalui rasa bersalah dalam mempermainkan pikiran seseorang. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan yang diperbuat.

Terus gimana cara tahu kalau kita sedang dimanipulasi ya? Ada beberapa tanda dari seorang manipulator yang harus kamu ketahui ya!

Baca Juga:  Simak Tips Malam Pertama Supaya Lebih Berkesan Dan Menyenangkan

1. Selalu Memberi Sanjungan

Sanjungan merupakan hal yang sering dilakukan oleh manipulator. Mereka akan menyanjung kamu untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jadi berhati-hati kalau ada seseorang yang menyanjungmu berlebihan, tapi ujung-ujungnya meminta kamu untuk melakukan apa yang dia inginkan ya.

2. Ingin Kamu Merasa Bersalah

Merasa bersalah
Merasa Bersalah/freepik.com

Ketika kamu merasa bersalah, kamu akan merasa tidak enakan dan akan melakukan apapun untuk bebas dari rasa bersalah itu. Yang akhirnya dimanfaatkan oleh manipulator untuk memegang kekuasaan atas dirimu.

3. Tidak Memberikan Waktu atau Membuat Kamu Tergesa-gesa

Membuat tergesa-gesa
Tergesa-gesa/freepik.com

Taktik ini sering digunakan dalam sistem penjualan dan negosiasi yang umum, dimana manipulator menekan kamu untuk mengambil keputusan dengan cepat sebelum kamu benar-benar siap nih. Dengan membuat ketegangan dan mengambil kontrol pada dirimu, mereka berharap kamu akan menyerah dan mengikuti keinginannya.

Baca Juga:  Berlian Pink Terjual Seharga Rp 408M,Pecahkan Rekor Permata Termahal

4. Manipulator Membuat Kamu Tidak Percaya Diri

Perempuan tidak percaya diri
Tidak Percaya Diri/freepik.com

Mereka akan terus menyudutkan, menertawakan, mengkritik, dan manipulator akan membuat kamu jadi tidak percaya diri. Manipulator dengan sengaja memberikan kesan bahwa selalu ada yang salah sama kamu.

Tidak peduli seberapa keras kamu berusaha, kamu tidak akan pernah cukup baik. Secara signifikan, manipulator berfokus pada hal-hal negatif  tentang dirimu saja tanpa memberikan solusi atau menawarkan cara untuk membantu.

5. Mendiamkan dan Membuat Kamu Menunggu

Menunggu depan handphone
Membuat Kamu Menunggu/freepik.com

Dengan sengaja manipulator tidak akan menanggapi panggilan masuk dari kamu, pesan teks, email, atau pertanyaan lain. Disini manipulator memanfaatkan kamu dengan cara membuat kamu menunggu. Tujuannya untuk membuat kita menjadi ragu pada diri sendiri, serta memunculkan ketidakpastian dalam pikiran kita.

Baca Juga:  Warga Inggris Ramai Menanam Pohon Dalam Rangka Rayakan 70 tahun Ratu Elizabeth bertakhta

6. Membuat Taktik Mereka Tampak Normal

Membuatnya tampak normal
Membuatnya Terlihat Normal/freepik.com

Kebanyakan manipulator akan selalu berusaha membenarkan taktik mereka. Membuat segalanya tampak normal akan membantu membenarkan tindakan mereka dan menutupi niat mereka yang sebenarnya. Bagian yang menakutkan adalah banyak orang yang akhirnya menjadi korban karena merasa apa yang dilakukan manipulator itu adalah hal yang benar.

Sumber: beautynesia

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!