Jika tidak ada perubahan kebijakan lagi, anak-anak akan masuk sekolah mulai Januari 2021.  Di tengah pandemi corona, semua pihak harus memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 di sekolah.

Terutama bagi anak-anak sekolah yang masih di bawah 10 tahun. Sejak saat ini, orang tua harus mengajarkan protokol kesehatan agar terbiasa saat kegiatan belajar mengajar di sekolah di mulai.

Dikutip dari Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri, berikut protokol kesehatan yang harus mulai diajarkan ke anak-anak sebelum masuk sekolah

1. Menggunakan masker kain

Pandemi corona sudah berlangsung sejak Maret 2020 di Indonesia. Namun masih banyak anak-anak yang belum terbiasa menggunakan masker.

Baca Juga:  Belgia Luncurkan Strategi Baru Tes Virus Corona 

Selain itu, karena alasan tidak nyaman menyebabkan anak-anak sering mencopot masker. Seharusnya, masker selalu terpasang, menutup hidung dan mulut.

Mulai saat ini, ajarkan anak-anak untuk tertib menggunakan masker. Gunakan masker kain 3 lapis atau masker sekali pakai/masker bedah yang menutupi hidung   dan   mulut   sampai dagu.

Masker kain digunakan setiap 4 jam  atau sebelum 4 jam saat sudah lembab/basah.

2.Cuci tangan

Kesadaran cuci tangan sebenarnya sudah mulai terbentuk. Namun, sering kali cuci tangan hanya berlangsung cepat.

Mulai saat ini, ajarkan anak cuci tangan yang benar, yakni cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir. Bersihkan tangan menggunakan sabun minimal 20 detik.

Jika tidak ada air dan sabun, gunakan cairan pembersih   tangan (hand sanitizer).

Baca Juga:  Resep Teh Kayu Manis, Mencegah Sariawan

Batasi penggunaan hand sanitizer secara berturut-turut hingga lima kali, karena dikhawatirkan menyebabkan bakteri dan kuman kebal terhadap zat pembersih itu.

3. Jaga Jarak

Ajarkan anak-anak untuk jaga jarak dengan siapapun, termasuk teman-temannya. Jaga jarak minimal 1,5 meter dan tidak melakukan kontak fisik seperti bersalaman dan cium tangan.

4. Menerapkan etika batuk/bersin

Etika batuk/bersih adalah menutup mulut menggunakan tisu. Oleh karena itu, sediakan tisu untuk anak-anak. Setelah bersin, ajarkan anak untuk membuang tisu ke tong sampah, kemudian cuci tangan menggunakan sabun.

Ingat pandemi belum berakhir. Vaksin corona juga belum tersedia. Menerapkan protokol kesehatan saat masuk sekolah adalah vaksin terbaik saat ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.