Beranda Kuliner Kafe Acaraki, Kafe Jamu Unik Yang Instagramable Cocok buat Content Creator

Kafe Acaraki, Kafe Jamu Unik Yang Instagramable Cocok buat Content Creator

44

Citra jamu kerap kali dikaitkan dengan kesan jadul, sehingga kalangan muda masih enggan melestarikannya. Kini, ada kafe jamu kekinian yang layak dicoba. Bukan saja karena harganya terjangkau, tapi lokasinya juga ideal untuk membuat konten atau, istilahnya, Instagramable.

Namanya Kafe Acaraki. Kafe ini menyajikan minuman tradisional Indonesia dengan teknik penyajian layaknya kopi. Di sini, jamu dibuat seperti kopi yang diolah di kafe-kafe, mulai dari di-roasting, di-grinding, hingga diseduh dengan teknik membuat kopi.

Ada 8 teknik penyeduhan jamu di Acaraki ini. Semuanya adalah teknik yang biasa digunakan untuk membuat kopi manual, yakni moka pot, V60, french press, cold drip, sifon, rockpresso, flareso, dan aero press.

Baca Juga:  Ayam goreng ala Korea dari Moon Chicken Renyah gurih

Kafe Acaraki berlokasi di Gedung Kertaniaga, tepat di sebelah Museum Fatahillah kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Keunikan penyajian jamu di kafe yang sudah berdiri selama 2 tahun ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak diserbu vlogger.

Meski diolah secara modern, Acaraki tidak menghilangkan komposisi dan khasiat asli bahan-bahan jamu yang dihidangkan.

Golden Sparkling, salah satu menu jamu di Kafe Acaraki

Nama Acaraki sendiri adalah sebutan atau gelar yang disematkan pada orang yang ahli meracik jamu. Profesi herbalis ini sudah digunakan sejak era Majapahit kuno. Nama ini yang coba dipopulerkan kembali, mengingat saat ini banyak millenial yang memandang jamu sebagai minuman kuno.

Tempat ini sudah mendapat review positif dari beberapa YouTuber. “Minuman Favorit saya Golden Sparkling, campuran kunyit asam, gula, dan soda. Sebagai orang indonesia gue patut bangga karena ini adalah kafe jamu pertama di Dunia yang menyajikan secara manual,” kata Bang Igon, salah satu YouTuber dalam siaran pers yang diterima JawaPos.com.

YouTuber yang kerap menyajikan konten berita kriminal dan sosial dengan tagelinenya ‘Buka Mata, Buka Telinga Karena Kejahatan Ada Disekitar Kita’ ini mengaku selalu meluangkan waktunya ke kafe Acaraki usai membuat konten di kawasan Kota Tua.

Baca Juga:  Carob, Si Manis Rendah Lemak Dan Kaya Gizi Pengganti Coklat

“Tempatnya bagus buat bikin video, Instagramable, bagus buat foto-foto. Yang pasti jamu ini bagus buat jaga stamina, apalagi di masa pandemi kita harus jaga kesehatan,” ucapnya.

Sumber: JawaPos