Kampung Adat Gurusina mengalami musibah kebakaran! Simak Keindahannya Sebelum Musibah Terjadi.

0
46
Kampung adat gurusina mengalami musibah kebakaran
Deretan rumah adat di Kampung adat Gurusina Flores (foto: Antariksa Sudikno)

Kabar buruk menimpa Spot wisata anyar di flores, Ya Kampung Adat Gurusina mengalami musibah kebakaran beberapa hari yang lalu. Padahal daerah ini merupakan spot yang indah dan menjadi salah satu favorit wisatawan yang berkunjung ke Flores.

Bicara tentang Kampung Adat Gurusina, ini tidak kalah populer dari Kampung Adat Bena. Destinasi ini merupakan kampung adat tertua di Flores ini tepatnya berlokasi di Watumanu, Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada, NTT, sekitar 21 km dari Kota Bajawa.

Di Kampung Adat ini rumah-rumah dibangun berjejer yang jika dilihat dari atas tampak seperti persegi panjang. Di sekelilingnya terlihat hijau dengan pepohonan rimbun yang tumbuh subur, sementara pemandangan pegunungan juga memanjakan mata di kejauhan.

Lihat Juga:  7 Atraksi Wisata Yang Sebenarnya Melanggar Hak Hidup Binatang Namun Tidak Kita Sadari.
Kampung Adat Gurusina
Kampung Adat Gurusina (foto dari Antariksa Sudikno)

Terdapat sekitar 33 tempat tinggal warga yang dibuat dari bambu, beratap alang-alang. terdapat ukiran kayu dengan nama rumah pada masing masing pintu rumah adat.

Sementara pada lantainya dibuat dengan bahan pelapah bambu. Pada papan penyangga lantai juga terdapat ukiran, ada yang berukirkan binatang maupun bunga. bahkan dari pulihan rumah itu, terdapat ukiran pada atap di beberapa rumah utamanya.

Ukiran di salah satu rumah adat Gurusina
Ukiran di salah satu rumah adat Gurusina (foto: Antariksa Sudikno)

Sementara pada bagian tengah-tengah perkampungan dibangun tiga rumah kecil, yang berfungsi menyimpan harta benda dan kekayaan Suku Gurusina. Sebagai tempat peristirahatan leluhur juga terdapat tiga lopo.

3 Rumah Kecil pada bagian tengah Komplek Perumahan Gurusina (foto by Antariksa Sudikno)

Untuk kamu yang ada rencana jalan jalan ke Kampung Adat Gurusina, bisa naik angkutan umum melalui rute Bajawa-Jeberuu.  Namun jika mau lebih fleksible, traveler bisa menyewa mobil. Kalau dari Bajawa perjalanan darat ditempuh sekitar 45 menit.

Lihat Juga:  Heboh! Aksi Vandalisme Lain Di Gunung Rinjani kembali Viral
Kobaran Api yang membakar Kampung Adat Gurusina (Photo/Kupangnews)

Setelah bencana kebakaran kemarin, rumah-rumah adat bersejarah itu tidak lagi utuh. Informasi yang didapatkan dari founder Rumah Baca Akar yang juga memiliki jaringan di lokasi, terdapat 27 rumah yang terbakar habis, menyisakan 6 rumah dan 1 bangunan yang menjadi Rumah Baca.