Tak hanya wanita, laki-laki juga banyak yang terkena kanker. Untuk meningkatkan peluang kesembuhan, kenali gejala kanker pada pria sejak dini.

Kanker adalah salah satu penyebab paling umum kematian pada pria dewasa di berbagai belahan dunia. Meskipun diet yang sehat dapat menurunkan risiko terkena kanker tertentu, faktor lain seperti gen dapat memainkan peran yang lebih besar. Setelah kanker menyebar, mungkin sulit untuk diobati.

Mengetahui gejala yang mungkin mengindikasikan kanker dapat membantu seseorang mendapatkan perawatan lebih cepat dan meningkatkan persentase kesembuhan. Beberapa pria mungkin tidak memperhatikan tanda-tanda awal kanker atau mungkin bingung dengan gejala kondisi lain.

Untuk menjadi pertimbangan, berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menjadi gejala awal kanker pada pria:

Baca Juga:  Kebutaan Akibat Diabetes Dapat Dicegah Dengan Cara Ini

1. Perubahan kebiasaan buang air besar (BAB)

Perubahan sesekali dalam kebiasaan BAB dapat terjadi karena berbagai alasan dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tapi, perubahan usus jangka panjang bisa menjadi tanda dari beberapa gangguan pencernaan, seperti penyakit radang usus (IBD) dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Melansir Medical News Today, perubahan kebiasaan BAB ini terkadang juga dapat mengindikasikan jenis kanker tertentu, termasuk kanker kolorektal, kanker kandung kemih, dan kanker prostat. Siapa pun yang mengalami sembelit atau diare parah atau terus-menerus, kiranya perlu menemui dokter, terutama jika mendapati BAB berdarah atau mengalami pendarahan rektal.

Baik wasir maupun kanker kolorektal dapat menyebabkan gatal, nyeri, pendarahan rektal, dan tinja berdarah. Namun, wasir cenderung kambuh dan kemudian membaik, jadi gejalanya mungkin hanya muncul sebentar-sebentar. Jika seseorang mengalami pendarahan yang terus-menerus atau meningkat dari rektum, ini mungkin mengindikasikan kanker daripada wasir.

Baca Juga:  Kenali Gejala dan Cara Deteksi Kanker Tulang, Penyakit Langkah Di Dunia

2. Kesulitan buang air kecil

Orang yang memerhatikan adanya darah dalam urine atau air mani, maupun mengalami kesulitan buang air kecil yang terus menerus kiranya perlu menemui dokter. Pasalnya, gejala-gejala tersebut dapat mengindikasikan kanker kandung kemih.

Nyeri atau sulit buang air kecil juga bisa menjadi gejala kanker prostat. Menurut American Cancer Society (ACS), dokter akan mendiagnosis sekitar satu dari sembilan pria dengan kanker prostat.

Gejala kanker prostat lainnya dapat meliputi:

  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Aliran urine yang lemah
  • Disfungsi ereksi
  • Kehilangan kontrol kandung kemih atau usus

 Sumber: Kontan