Melirik Keindahan Danau Kaco, Surga Tersembunyi Di Kerinci Jambi

0
28
Keindahan Danau Kaco Kerinci habismanis.com
Keindahan Danau Kaco Kerinci (Foto: Komunitas Bumi Merangin)

Danau dengan air biru yang bening bagai mutiara yang tersimpan di dalamnya ini bernama Danau Kaco. Keindahan Danau Kaco sudah tidak perlu diragukan lagi, Ia merupakan surga tersembunyi yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat provinsi Jambi.

Danau ini terletak di desa Lempur, kecamatan Gunung Raya, kabupaten Kerinci, berada pada ketinggian 1.289 mdpl, ukurannya cukup kecil hanya sekitar 30×30 meter saja. Meskipun demikian, pemandangan danau ini sangatlah unik dan indah dipandang mata, terdapat pepohonan yang rimbun menutupi tepi danau, dihuni oleh ikan endemik, dan juga memiliki air yang sangat jernih dan bening sangking jernihnya hingga berwarna kebiruan.

Jernih dan Birunya Danau Kaco
Jernih dan Birunya Danau Kaco (Foto: @imronsatya/Instagram)

Tentu hal itulah yang menarik banyak wisatawan untuk datang melihat keindahannya langsung. Takhanya wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara pun banyak yang tertarik datang kesini.

Lihat Juga:  Cerita pendakian ke Gunung Kerinci

Bahkan ada juga wisatawan yang rela menginap di tepian danau untuk melihat keindahan cahaya dari Danau Kaco. Konon danau ini bersinar di malam hari saat bulan purnama.

Fasilitas Dan Akses Menuju Danau Kaco

Sayangnya, Fasilitas menuju tempat ini pun masih minim sekali, Karena letak Danau Kaco yang berada di tengah taman nasional. Bagi wisatawan yang mau berkemah harus membawa perlengkapan, peralatan, dan logistik sendiri.

Ikan Endemik Danau Kaco
Ikan Endemik Danau Kaco (foto: ginaanggunp.blogspot.com)

Untuk aksesnya sendiri, Danau Kaco bisa ditempuh dengan jalur darat dari Kota Jambi menuju Sungai Penuh sekitar 10 jam perjalanan, berjarak sekitar 500 kilometer dari kota jambi.

Kemudian dari Sungai Penuh, Kamu harus menuju Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya sekitar 45 menit dengan mobil atau sepeda motor. Perjuangan belum selesai disitu, pasalnya para pengunjung mesti berjalanan kaki lagi menyusuri hutan selama 4 jam lamanya untuk tiba Danau Kaco.

Lihat Juga:  Berwisata Ke Kawah Ijen Kerap Kena Pungli? PTPN Hukum Tegas Pelaku

Meski akses dan fasilitas yang minim dan sulit tentunya tidak jadi hambatan buat kamu yang gembar berpetualang di alam liar.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan Danau Kaco sebaiknya menggunakan penunjuk jalan alis guide. Bukan apa-apa, demi keamanan kamu sendiri dan supaya tidak tersesat dihutan belantara, ada baiknya semua persiapan dilakukan dengan matang. Sebab hutan bisa menjadi sahabat, namun juga bisa menjadi peristirahatan terakhir bagi mereka yang arogan dan kerap menantang alam.

Bagaimana? merasa tertantang untuk datang mengunjunginya?