Tetap Bisa Liburan Keluar Negeri Walau Dolar Lagi Naik? Simak Tipsnya

0
50
Keluar Negeri Walau Dolar Lagi Naik Hari Ini
Ilustrasi Dollar Lagi Naik (Foto pixabay/geralt)

Melambung tingginya nilai Dollar terhadap Rupiah, membuat traveler berpikir dua kali buat liburan ke luar negeri. Namun jangan khawatir ada tipsnya kok supaya kamu tetap bisa liburan keluar negeri walau dolar Lagi Naik hari ini.

Kurs Dolar yang tinggi berdampak langsung buat urusan traveling loh utamanya bagi kamu yang berencana bepergian ke luar negeri. Buat yang sudah bisa, sudah menjadi kebiasaan mereka untuk membeli dolar sebelum berangkat ke luar negeri.

Dampaknya jika dolar naik, anggaran traveling pun bakal membengkak loh. Maka dari itu kami memberikan 5 tips liburan keluar negeri saat dolar lagi naik-naiknya:

1. Liburan ke Negara Tetangga Aja

Ada baiknya liburan ke negeri tetangga dulu untuk menekan bujet liburan ke luar negeri karena dolar lagi naik. Sayang uangnya kalau kamu pergi ke negara yang jauh.

Lihat Juga:  10 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula, No 7 sering diabaikan loh

Negara tetangga yang bisa kamu kunjungi misalnya di Singapura dan Malaysia, jaraknya cukup dekat dari Indonesia. Ongkos pesawat pun tidak mahal-mahal amat untuk pergi ke sana.

2. Pilih negara tujuan yang terdepresiasi dolar juga

Ada loh negara yang nilai mata uangnya terjun bebas lebih parah dari Indonesia. Itu berarti nilai mata uang mereka pun juga ikut melemah terhadap Rupiah.

Misalnya saja seperti Turki. Mata Uang Lira terjun bebas lebih parah dari Rupiah terhadap dolar AS. Rupiah jadi lebih perkasa di sana. Di Venezuela juga terjadi demikian. Namun tetap waspada bila berencana pergi ke negara-negara tersebut.

3. Beli mata uang negara tujuan Langsung di Indonesia

Biasanya traveler beli dolar dulu, baru kemudian menukarnya lagi ke mata uang di negara tujuan. Sebenarnya hal itu memotong nilai rupiah kamu jadi dua kali loh.

Lihat Juga:  Kenali 4 Lokasi Liburan Murah Di Luar Negeri

Jika mata uang negara tujuan kamu tersedia di money changer Indonesia, beli saja langsung. Sisanya Kamu tinggal beli sedikit dolar saja untuk berjaga-jaga.

4. Mencari aktivitas wisata yang gratis

Agar dollar kamu tidak cepat habis di luar negeri, Kamu bisa mencari tujuan dan aktifitas wisata yang gratis.

Misalnya saja seperti Menonton Symphony of The Light di Hong Kong gratis. British Museum di London juga gratis serta Berfoto di depan Menara Eiffel di Paris tanpa naik ke atas, itu juga gratis.

Carilah info destinasi dan aktivitas gratis di kota tujuan tempat kamu traveling. agar kamu bisa menghemat dolar.

5. Traveling Keluar Negeri Walau Dolar Lagi Naik Hari Ini: Mengurangi Belanjaan Di Luar Negeri

Saat dolar lagi naik tinggi, kamu mesti bijak soal pengeluaran. terutama untuk urusan shopping, kurangilah belanja di luar negeri. Cukup membeli barang-barang yang memang kamu butuhkan saja, jangan semuanya dibeli, apa-apa dibeli padahal belum tentu dibutuhkan.

Lihat Juga:  Kebakaran Hutan Di Lereng Gunung Lawu Berhasil Dikendalikan Petugas Gabungan

Konsumsi adalah pos pengeluaran terbesar saat bepergian ke laur negeri. Apalagi jika meggunakan dolar, jangan dihamburkan ya.

Intinya jadi traveler memang mesti banyak akal supaya bisa survive di negara tujuan sehingga kamu tetap bisa liburan keluar negeri walau dolar lagi naik hari ini.