Inilah Keunikan Pulau Lombok yang Sayang untuk Dilewatkan Para Backpacker Indonesia!

0
276

Kamu mengaku backpacker sejati tapi belum pernah jalan-jalan ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat? Sayang sekali, padahal tempat ini menjadi salah satu andalan bagi para wisatawan baik lokal maupun asing. Meskipun letaknya agak jauh dan terpencil, namun keindahan alam dan kota yang ditawarkan sangat menarik. Lokasinya berdekatan dengan Pulau Dewata Bali, nggak heran kalau banyak paket wisata menawarkan dua destinasi ini sekaligus.

Punya Banyak Spot Wisata

Para backpacker jelas nggak hanya ingin mencari pengalaman jalan-jalan jauh saja, melainkan juga menikmati keindahan dari kota atau daerah yang dituju. Nah, Pulau Lombok merupakan tempat yang punya paket komplit. Menawarkan berbagai macam keunikan, salah satunya adalah terdapat banyak sekali spot wisata favorit. Yang paling terkenal di Lombok adalah kawasan pantai serta laut. Bahkan sering disebut sebagai pesaingnya Pulau Bali karena memang pemandangan dan kekayaan baharinya luar biasa mempesona.

Apa yang Unik dari Pulau Lombok?

Kalau kamu belum pernah menjelajahi dan berkelana di Pulau Lombok maka jangan mengaku sebagai backpacker sejati. Ada beberapa hal menarik yang sayang banget untuk dilewatkan, antara lain sebagai berikut!

  1. Surganya Wisata Pantai

Kalau di Bali, sebagian besar wisata pantai dan lautnya sudah sangat ramai dengan wisatawan. Hal ini mmebuat sebagian besar pengunjung merasa sebal dan kurang nyaman karena mereka nggak bisa menikmati suasana pantai dengan tenang. Di Lombok, kebanyakan pantainya masih tergolong sepi dengan lingkungan yang alami serta terjaga. Selain itu keindahannya juga nggak bisa dianggap remeh karena tiap pantai punya ciri khas berbeda. Hamparan pasir putih, lautan biru, aneka jenis biota laut, ikan-ikan langka, dan masih banyak lagi. Misalnya saja Pantai Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, bahkan ada Pantai Pink dengan pasir bewarna merah muda.

  1. Wisata Hutan dan Gunung

Nggak hanya pantai saja karena di Pulau Lombok juga terdapat banyak spot wisata alam hutan serta gunung. Dimana terdapat pemandangan pepohonan dan bukit-bukit menghijau yang masih terjaga kelestariannya. Salah satunya seperti wisata Hutan Daun Pusuk yang juga menjadi destinasi menarik bagi wisatawan. Di sini terdapat ratusan kera liar yang hidup di dalam hutan. Kemudian ada Bukit Malibu yang dekat sekali dengan laut dan juga pantai. Ketika kamu jalan-jalan dan sampai ke puncak bukit maka bisa menikmati pemandangan unik yaitu indahnya hamparan lautan biru. Bisa juga sambil menyaksikan sunset sambil bersantai di atas bukit.

  1. Kental dengan Adat dan Budaya

Masyarakat di Pulau Lombok masih dikenal sangat tradisional dan mempertahankan budaya serta tradisi mereka. Nggak jarang kamu akan melihat banyak sekali bangunan entis seperti pura, rumah adat, kerajinan tenun, dan masih banyak lagi. Bahkan ada pula beberapa tempat yang dijadikan sebagai wisata budaya seperti Desa Suku Sasak Sade, Desa Sukarana, Desa Banyumulek, dan lain sebagainya. Jadi, kamu nggak hanya bisa jalan-jalan keren saja melainkan belajar mengenai adat serta budaya dari suku Lombok.

Banyak sekali hal menarik yang bakal kamu temui ketika backpackeran di Pulau Lombok. Selain pemandangan alam yang cantik dan menakjubkan, kamu pun bisa belajar tradisi kehidupan masyarakatnya.

Lihat Juga:  Tempat Wisata Alam yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Liburan ke Semarang