Khasiat garam hitam

Garam hitam mungkin tidak terlalu populer di Indonesia, namun di India jenis ini biasa digunakan pada masakan dan sebagai bahan pengobatan karena memiliki banyak manfaat.

Garam hitam adalah sejenis garam batuan vulkanik India yang bersumber dari kaki bukit pegunungan Himalaya di India, Pakistan, Nepal dan Bangladesh.

Ada banyak jenis garam hitam, yang paling umum adalah garam hitam Himalaya yang memiliki corak coklat kemerahan. Varietas garam hitam lainnya dapat berwarna merah muda muda hingga ungu muda.

Kebanyakan orang menggunakan garam hitam sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kram otot, kembung, dan mulas. Berikut adalah beberapa khasiat dari garam hitam menurut Boldsky, Selasa.

Baca Juga:  AirAsia Indonesia Bagi-bagi Nasi Padang dalam penerbangan menuju Padang

1. Mengatur tekanan darah

Garam hitam lebih rendah natrium dibandingkan dengan garam biasa. Garam hitam pun bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai pengganti garam komersil biasa terutama bagi orang dengan tekanan darah tinggi.

Mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kanker perut, dan pengeroposan tulang.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Garam hitam juga diklaim dapat meningkatkan pencernaan dan menurunkan penyakit terkait perut lainnya seperti sembelit, refluks asam, kembung dan gas. Namun, studi penelitian ilmiah lebih lanjut diperlukan untuk mendukung klaim tersebut.

3. Mencegah kram otot

Garam hitam dapat membantu mengatur fungsi otot dan meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh kandungan kalium di dalamnya. Kalium adalah mineral penting yang membantu mengatur kontraksi otot dan mencegah kram otot.

Baca Juga:  Sandwich Isi Telur Dan Buah khas Jepang yang Segar: Furutu Sando

4. Membantu menurunkan berat badan

Garam hitam mengandung natrium dalam jumlah rendah yang dapat membantu dalam mengatur berat badan. Namun, ada studi terbatas yang tersedia untuk mendukung poin ini dan studi lebih lanjut diperlukan.

5. Dapat mengurangi retensi air

Retensi air terjadi ketika kelebihan air menumpuk di tubuh Anda, terutama di perut, kaki dan lengan yang menyebabkan pembengkakan, kembung, kekakuan pada persendian, penambahan berat badan, nyeri pada bagian tubuh yang terkena dan perubahan warna kulit dan kulit bengkak.

Salah satu penyebab retensi air adalah terlalu banyak mengonsumsi garam sehingga, beralih ke garam hitam dapat membantu mengurangi retensi air. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme pasti yang bertanggung jawab atas manfaat ini.

Baca Juga:  Tepung Premix Siap Masak Bikin Praktis Berkreasi di Dapur

6. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Karena garam hitam mengandung banyak mineral, ini dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan rambut. Bukti anekdot menunjukkan bahwa garam hitam dapat meningkatkan pertumbuhan rambut Anda dan mendetoksifikasi tubuh untuk menghilangkan semua racun, sehingga meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Sumber: Antara