Manfaat ASI bagi Bayi dan Ibu

187
Fakta Penting Tentang ASI

Manfaat ASI bagi Bayi dan Ibu, ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk dikonsumsi bayi dan merupakan makanan terbaik bagi bayi yang mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama 6 bulan pertama.

1. Manfaat ASI bagi Bayi

Sebelumnya sudah disinggung mengenai betapa besarnya manfaat ASI bagi bayi dari segi nutrisi yang dikandungnya. Selanjutnya, secara ringkas ada beberapa manfaat lain yang
diperoleh oleh bayi dari ASI, yaitu:

  1. Kandungan gizi yang terkandung di dalam ASI sangat lengkap, komposisinya juga seimbang. Sangat sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayi.

b. ASI adalah makanan terbaik dan mudah dicerna bagi bayi. Dengan begitu, jika anak sakit maka akan lebih cepat sembuh dengan bantuan ASI.

c. ASI lebih mudah dicerna. Banyak dokter yang sepakat bahw ASI mampu mengurangi infeksi lambung-usus, diare, konstipasi, dan alergi.

d. Bayi yang sudah mengonsumsi ASI biasanya jarang mengalami kelebihan dan kekurangan berat badan.

e. Bayi yang mengonsumsi ASI akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi terhadap penyakit.

f. Bayi dengan konsumsi ASI lebih mampu menghadapi efek penyakit kuning (jaundice). Level biliburin yang terkandung di dalam darah bayi banyak berkurang seiring dengan diberikannya kolostrum dan mengatasi kekuningan, dengan catatan bayi tersebut disusui sesering mungkin tanpa adanya pengganti ASI.

g. ASI adalah asupan yang steril, suhunya juga pas. ASI tersedia kapan pun bayi membutuhkannya.

h. Pada bayi yang lahir prematur, ia akan lebih cepat tumbuh jika diberikan ASI perah. Selain itu, ASI bermanfaat untuk menaikkan berat badan dan menumbuhkan sel otaknya.

i. Ada beberapa penyakit yang lebih jarang ditemui pada bayi ASI, di antaranya kolik, kematian mendadak pada bayi (SIDS), eksim, Charon’s disease, dan Ulcerative Colitis.

j. Bayi dengan konsumsi ASI memiliki 1Q lebih tinggi 7-9 poin daripada IQ bayi tanpa konsumsi Asl. Menurut penelitian pada 1997, kepandaian anak berusia 9,5 tahun yang sewaktu bayi diberikan ASI mencapai 12,9 poin lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang diberikan susu formula.

2. Manfaat ASI bagi Ibu

ASI tidak hanya memiliki manfaat yang penting bagi bayi. Aktivitas menyusui juga memiliki banyak manfaat bagi ibu, di antaranya:

a. Ibu yang menyusui bayinya dapat menyebabkan alat-alat kandungan ibu, seperti rahim akan cepat normal kembali seperti keadaan semula, juga mengurangi risiko terjadinya
pendarahan.

b. Terjadinya pengurangan lemak di sekitar panggul dan paha yang tertimbun pada masa kehamilan karena pindah ke dalam ASI.

c. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ibu yang menyusui bayinya memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit kanker rahim dan kanker payudara.

d. ASI dapat menghemat waktu ibu saat akan memberikan bayinya susu karena tidak perlu mensterilkan botol susu dan menyediakan air panas. Ibu juga tidak perlu membawa
banyak perlengkapan susu saat akan bepergian karena ASI selalu tersedia dengan semua kelengkapan yang dibutuhkan.

e. ASI dapat menghemat pengeluaran ibu karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu formula.

f. Penelitian medis juga menunjukkan bahwa adanya manfaat fisik dan manfaat emosional pada ibu. Manfaat tersebut adalah semakin terjalinnya ikatan perasaan antara ibu dan
bayi, melalui serntuhan, tatapan mata, dan bayi akan merasa aman, nyaman, dalam dekapannya. Hal tersebut memiliki efek yang sangat besar terhadap kemapanan emosi anak di masa depan.