Manfaat dan Kandungan Gizi Articok Jerusalem

71
Manfaat dan Kandungan Gizi Articok Jerusalem

Manfaat dan Kandungan Gizi Articok Jerusalem, articok jerusalem yang memiliki rasa manis dan seperti kacang marupakan sumber energi yang silepaskan secara perlahan-lahan.

Agar tidak bingung dengan articok bundar, untuk diketahui, varietas jerusalem ini merupakan umbi yang bisa dimakan yang penampakan luarnya luarnya mirip seperti umbi jahe. Articok jerusalem kaya inulin,sejenis karbohidratyang tidak meningkatkan kadar gula darah sehingga amat baik dikomsumsi oleh penderita diabetes.

Inulin juga dapat membantu meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus besar yang akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Umbi ini kaya zat besi yang merupakan salah satu zat gizi penting dalam proses pembentukan darah dan kandungan kaliumnya menyebabkan umbi ini memiliki efek diuretik ringan.

Lihat Juga:  Khasiat dan Kandungan Gizi Articok Bundar

Kandungan gizi articok jerusalem yaitu vitamin B1, B3, C, E, K, beta-karoten;tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, serat; protein, karbohidrat kompleks. Articok jerusalem masih satu keluarga dengan bunga matahari, tetapi mereka tumbuh lebih baik pada wilayah yang beriklim dingin.

Keripik Articok

  • 1 kg articok jerusalem
  • Air perasan dari dua buah lemon
  • 3 sdm minyak zaitun
  • 2 lembar daun bay
  • Lada hitam bubuk

Cara membuat keripik articok:

Potong articok tipis-tipis, lalu tempatkan dalam baki panggang. Peras lemon di atasnya dan percikkan minyak zaitun. Tambahkan daun bay pada baki panggang. Panggang selama 40 menit dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 190oC/gas nomor 5 higga matang dan berwarna kuning keemasan. Sajikan Dengan taburan lada hitam.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Kentang