Manfaat dan Kandungan Gizi Beras Merah

46
Manfaat dan Kandungan Gizi Beras Merah

Manfaat dan Kandungan Gizi Beras Merah, beras menjadi pemasok seperlima kalori yang dikomsumsi penduduk dunia. Khusus untuk beras yang belum dimurnikan, ia merupakan salah satu makanan pokok yang paling bergizi.

Berdasarkan filosofi makrobiotik beras merah merupakan salah satu makanan yang paling seimbang diantara makanan lain yang dikomsumsi setiap hari. Hal ini disebabkan kandungan vitamin B dan magnesiumnya.

Kedua zat gizi tersebut diperlukan untuk menenangkan dan memperkuat saraf. Beras merah juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan itu dijadikannya salah satu makanan penyembuh penyakit yang baik.

Beras merah merupakan salah satu sumber serat tidak teratur yang mampu mejaga pengaturan fungsi usus agar tetap normal, mencegah konstipasi, sekaligus membuang racun yang terdapat dalam usus besar.

Lihat Juga:  Resep Pilaf Beras Merah, Menurunkan Kadar Kolesterol

Gemma oryzanol merupakan salah satu komponen dalam kulit ari beras yang dapat menurunkan kadar kolestrol yang tinggi dalam darah dengan cara membuangnya dan mengurangi penyerapan kolestrol dari makanan. Gimma aryzonal juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat gastritis dan keluhan pencernaan lainnya.

Kandungan gizi beras merah yaitu vitamin B1, B3, B5, B6, E, K, biotin, folat, kalsium, tembaga, yodium, zat besi, magnesium, mangan, kalium, selenium, seng, serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan

Resep Puding nasi santan

  • 200 gram beras merah yang bijinya pendek-pendek
  • 3 sdm kismis
  • 1 sdm sirup agave
  • 1 batang kayu manis
  • 10 cangkang kapulaga
  • 400 ml santan
  • 1/2 sdt ekstrak vanila
  • kayu manis bubuk
Lihat Juga:  Obat Herbal Untuk Kanker Payudara

Cara membuat puding nasi santan:

Masukkan beras, kismi, sirup, agave, batang kayu manis, dan kapulaga dalam panci dalam 1 liter air. Masak hingga mendidih. Kecilkan api dan tutup, lalu masak kembali dengan api kecil selama 90 meni hingga nasi tanak. Tambahkan santan dan vanila, masak lagi 5 menit. Angkat. Sajikan dengan taburan kayu manis bubuk.