Manfaat dan Kandungan Gizi Brokoli

78
Manfaat dan Kandungan Gizi Brokoli

Berikut ini adalah Manfaat dan Kandungan Gizi Brokoli yang patut kamu simak.

Brokoli telah ditahbiskan sebagai salah satu makanan super karena kandungan gizinya yang luar biasa banyak.

Brokoli masih termasuk keluarga kubis dan mengandung antioksidan ampuh, diindolilmetana dan sulfarotan yang keduannya berkerja sama untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Diindolilmatena juga meningkatkan aktivitas antiviral dan antibakteri sehingga mengonsumsi brokoli secara teratur setiap hari dapat melindungi dan menjauhkan kita dari infeksi.

Brokoli juga mengandung kalsium dan magnesium, dua mineral yang dapat meningkatkan pembentukan tulang; lutein dan zeaxanthin yang dapat menurunkan risiko terkena gangguan kesehtan mata; dan vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Kiwi

Kandungan gizi brokoli yaitu vitamin B1, B3, B5, C, E, K, beta-karoten, biotin, kalsium, yudium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, seng dan serat.

Resep Sup Brokoli

  • 1 sdm minyak zaitun
  • 2 butir bawang merah, rajang halus
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 buah ubi jalar, kupas dan potong dadu
  • 1 buah tomat rajang kasar
  • 750 ml kaldu sayuran
  • 100 gram brokoli, potong sesuai selera

Cara Membuat Sup Brokoli:

Panaskan minyak dalam penggorengan dan tumis bawang merah, bawang putih, ubi jalar, serta tomat selama beberapa menit. Tambahkan kaldu dan brokoli, didihkan kemudian masak dengan api kecil. Tutup selama 20 menit. Tuangkan campuran tersebut ke dalam blender dan giling hingga lembut. Setelah lembut, masak lagi dipenggorengan hingga mendidih. Sajikan dengan kuntum brokoli.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Kranberi