Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Delima

48
Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Delima

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Delima, sering dianggap sebagai simbol keagungan sejak zaman kuno, kini delima pun memliki status sebagai salah satu makanan super. Hasil penelitian terkini telah membuktikan bahwa delima memiliki khasiat penyembuh.

Buah ini penuh dengan jebakan, tetapi itu seharga dengan manfaat kesehatan yang dimilikinya. Delima kaya antioksidan, terutama punikalagin yang telah terbukti mampu mencegah berbagai jenis kanker dengan cara melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat merusak sel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu cangkir sari buah delima mengandung antioksidan 3 kali lebih banyak daripada anggur merah, teh hijau, dan sari buah anggur.

Berkaitan dengan penyakit jantung, delima tidak hanya berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, tetapi juga membantu mangatasi LDL alias kolestrol jahat yang seringkali dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke. Selain itu, delima juga mampu memperlambat kerusakan jaringan kartilago akibat osteoartritis, sebuah kondisi mulai mengeringnya cairan persendian seiring dengan pertambahan usia sehingga mengakibatkan rasa sakit luar biasa ketika bergerak.

Lihat Juga:  Tips Agar Anda Tetap Bugar

Delima kaya vitamin C dan kalium yang juga baik untuk menyehatkan jantung. Delima merupakan salah satu buah yang memiliki properti antiviral dan antibakteri yang dapat memperkecil pembentukan plak pada gigi.

Kandungan gizi buah delima yaitu vitamin B3, B5, B6, C, E, karoten, biotin, kalsium, tembaga, at besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, seng, serat, dan karbohidrat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Resep salad buah delima

  • 1 buah delima
  • Seikat anggur putih tampa biji ukuran sedang, lepaskan dari tangkainya
  • 150 g stroberi, buang kelopaknya dan potong-potong
  • 1 buah pisang, potong-potong
  • 1 buah persik, buang bijinya dan potong-potong
  • 100 gram bluberi
  • 4 sdm sari buah sesuai selera Anda
  • 1 sdm air perasan lemon
Lihat Juga:  Resep Jeli Leci, Dapat Memperkuat Jantung

Cara membuat salad buah delima

Keluarkan biji delima dengan cara menepuk-nepuk bagian kulit luar delima menggunkan sendok kayu dan tempatkan bersama bahan lainnya dalam mangkuk. Pada wadah terpisah, campurkan sari buah, air perasan lemon, dan madu. Aduk lalu tuangkan pada mangkuk yang  telah berisi buah-buahan. Aduk hingga buah dan sari buah tercampur rata. Sajikan dengan taburan pala bubuk.