Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Nanas

47
Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Nanas

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Nanas, buah eksotik ini tidak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan karena kandungan enzim bromelinnyan yang bermanfaat dalam membantu proses percernaan protein.

Hasil riset menunjukkan bahwa bromelin juga berkhasiat sebagai agen antiinflamasi dan sangat bermanfaat untuk mengobati keseleo, sedera otot, dan inflamasi pasca operasi dengan cara mengurangi rasa sakit dan bengkaknya.

Nanas juga salah satu sumber terbaik mineral mangan, mineral mikro, yang diperlukan untuk pembentukan kulit, tulang, dan jaringan kartilago. Vitamin C yang terkandung dalam nanas dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membasmi radikal bebas yang berbahaya.

Kandungan gizi buah nanas yaitu vitamin B3, B5, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, seng, serat dan karbohidrat yang sangat baik untuk kesehatan.

Lihat Juga:  Resep Minuman Raja Sehat

Resep setup nanas

  • 200 ml sari buah anggur
  • 1 sdm madu
  • 1/2 buah nanas, potong tebal
  • Air perasan dari 1/2 buah jeruk

Cara membuat setup nanas:

Campurkan sari buah anggur dan madu dalam panci, biarkan mendidih. Masukkan nanas dan biarkan selama lima menit. Angkat dan tuangkan nanas serta kuahnya pada pinggang tahan panas, lalu tambahkan perasan jeruk. Panggang selama 10 menit dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 200oC/gas nomor 6. Angkat dan tuangkan kuahnya kembali pada panci. Masak kembali hingga mengental setelah itu tuangkan kembali diatas nanas. Sajikan segera.