Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pepaya

45
Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pepaya

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pepaya, pepaya dikenal pula dengan nama paw-paw. Buahnya serbaguna karena buah yang matang dapat dimakan langsung, sedangkan yang masih mentah bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan, seperti kari, rebusan sayur, atau tumisan.

Pepaya merupakan salah satu sumber terbaik vitamin C dan beta-karoten yang sangat penting untuk kulit dan sistem kekebalan tubuh. Salah satu keistimewaan pepaya adalah mengandung enzim papain yang bermanfaat dalam membantu proses pencernaan protein. Selain itu, papain ini membantu meredakan inflamasi sehingga sangat baik untuk membantu meringankan rasa sakit persendian akibat artritis dan cedera olaraga.

Manfaat lainnya adalah daging buah pepaya dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Adapun air rebusan bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit perut dan infeksi jamur.

Lihat Juga:  Resep Blini Biji Soba, Mencegah Pecahnya Pembulu Darah

Kandungan gizi buah pepaya yaitu vitamin B3, B5, C, beta-karoten, folat, kalsium, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng, serat dan karbohidrat yang sangat baik untuk kesehatan.

Resep jus pagi penyemangat 

  • 400 ml/11/2 cangkir sari buah apel
  • 1/2 buah pepaya, ambil daging buahnya dan iris
  • 2 buah aprikot, ambil daging buahnya dan potong-potong
  • 1/4 buah avokad, kupas, buang bijinya dan potong-potong
  • 250 gram bioyoghurt
  • Sedikit pala bubuk

Cara membuat jus pagi penyemangat:

Masukkan semua bahan (kecuali pala bubuk) dalam blender. Giling hingga lembut. Sajikan dengan taburan bubuk pala.