Manfaat dan Kandungan Gizi Chickpea

38
Manfaat dan Kandungan Gizi Chickpea

Manfaat dan Kandungan Gizi Chickpea, dikomsumsi sebagai komponen diet berimbang, chickpea dapat menurunkan kolesterol darah yang tinggi dan melindungi Anda dari penyakit jantung.

Kacang ini tinggi kandungan serat larut dan tidak terlarut sehingga amat bermanfaat untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan sekaligus menurunkan kadar kolestrol total dan kolestrol jahat (LDL).

Kacang ini pun mengandung folat yang juga menyehatkan jantung karena dapat menurunkan kadar homosistein darah. Tingginya homosistein dalam darah merupakan salah satu faktor penyebab seseorang beresiko lebih tinggi mengalami serangan jantung dan stroke.

Chickpea juga kaya karbohidrat kompleks yang membuat kebutuhan energi tetap terjaga sementara pada saat yang sama kandungan zat besinya menghindarkan kita dari anemia.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Telur

Kandungan gizi dari chickpea yaitu vitamin B1, B2, b3, B5, B6, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, tembaga, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng, serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan.

Resep kare chickpea

  • 150 gram chickpea
  • 1 buah bawang bombai, rajang kasar
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdt bubuk kari
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 500 ml passeta/pure tomat

Cara membuat kare chickpea:

Rendam chickpea semalaman dalam air dingin. Tiriskan kacang esok harinya dan rebus dalam air sampai mendidih. Tutup dan masak dengan api kecil selama 2 jam hingga kacang empuk. Tiriskan dan sisihkan. Selanjutnya, tumis bawang bombai, bawang putih, dan bubuk kari. Aduk terus. Tambahkan passeta dan chickpea matang. tutup dan masak dengan api kecil selama 25 menit. Kare chickpea siap disantap.

Lihat Juga:  Resep Salad Seledri Waldorf Klasik