Manfaat dan Kandungan Gizi Oat

46
Manfaat dan Kandungan Gizi Oat

Manfaat dan Kandungan Gizi Oat, bubur untuk sarapan pagi dapat membuat Anda juga bertenaga karena kadar gula darah tetap terjaga dan menjauhkan rasa lapar yang muncul sebelum jeda makan siang tiba.

Beta-glukan adalah senyawa serat terlarut yang banyak terdapat pada oat. Beta-glukan dapat menurunkan glukosa dan respons insulin, tepat setelah Anda selesai makan. Aksi beta-glukan inilah yang menjadikan oat sebagai salah satu makan terbaik bagi penderita diabetes atau mereka yang mengalami ketidak keseimbangan gula darah.

Oat juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara signifikan menurunkan kadar LDL alias kolesterol jahat dalam darah. Bonusnnya, oat mengandung komponen antioksidan unik yang bernama avenantramides yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas sehingga tubuh tetap terlindungi dari serangan kanker dan penyakit jantung.

Lihat Juga:  Resep Salad Seledri Waldorf Klasik

Kandungan gizi oat yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, E, K, biotin, folat, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, silika, seng, serat, protein, karbohidrat kompleks.

Resep penekuk oat kismis

  • 300 gram bubur oat
  • 100 gram kismis
  • 150 gram margarin yang tidak dihidrogenasi
  • 8 sdm madu
  • 6 sdm gula merah
  • 1 sdm ekstrak vanila

Cara membuat penekuk oat kismis

  • Campurkan oat dan kismis dalam magkuk, lalu sisihkan. Lelehkan margarin dalam panci dan tambahkan semua bahan yang tersisa. Aduk hingga rata. Tuangkan pada magkuk yang telah berisi oat dan kismis, uleni. Tipiskan adonan pada baki panggang selama 15-18 menit dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 190oC/gas nomor 5. sajikan selagi hangat.
Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Ceri