Manfaat dan Kandungan Gizi Seledri

Manfaat dan Kandungan Gizi Seledri

Manfaat dan Kandungan Gizi Seledri, seledri salah satu jenis sayuran dengan beragam komponen yang berkhasiat bagi kesehatan. hanya dengan mengomsumsi tiga tangkai seledri, Anda telah telah dapat memenuhi satu porsi dari 5 porsi sayur dan buah yang dianjurkan untuk dikomsumsi setiap hari.

  • Pereda Stres

kekayaan kandungan mineral dalam seledri dapat membantu menormalkan kembali keseimbangan asam basa tubuh. Kondisi keasaman dalam tubuh terjadi akibat stres atau konsumsi makanan tidak sehat. Seledri mampu mengatasi kondisi keasaman tersebut sekaligus membantu mengatasi kelelahan, rematik, dan nyeri sendi.

  • Menurunkan Tekanan darah

Selain berkhasiat sebagai diuretik alami, seledri juga diangap berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah. Pthalida adalah komponen yang bertanggu jawab dalam mengistirahatkan otot disekitar arteri, Sehingga pembuluh darah dapat melebar. Pelebaran pembulu darah ini membuat darah lebih leluasa mengalir dan pada gilirannya dapat menurunkan tekanan darah.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Alvokad

Komponen lain yang terkandung dalam seledri adalah kumarin yang dapat mengperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga asetilentik yang mampu memerangi sel-sel kanker.

Kandungan gizi seledri yaitu vitamin B3, B5, C, E, K, biotin, folat, kalsium, yodium, zat besi, magnesium, mangan, molibdenum, fasfor, kalium, selenium, natrium, seng dan serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Salad seledri saus keju cottage

  • 6 tangkai seledri
  • 250 gram kejuĀ  cottage
  • Segenggam penuh kemiri yang telah dicincang kasar
  • 1 sdm lokio yang telah dirajang halus
  • Lada hitam bubuk untuk memperkaya cita rasa

Cara membuat:

Potong-potong tangkai seledri dalam ukuran siap makan (+ 4 cm). Aduk hingga rata keju cottage dengan kacang, lokio, dan lada hitam. Sisihkan gunakan saus tersebut sebagai cocolan atau oleskan pada bagian dalam tangkai seledri. Salad siap disajikan sebagai cemilan atau makan siang ringan.

Lihat Juga:  Resep Buah Pir Celup, Efektif Membersihkan Usus