Dari Mencegah Anemia Sampai Alzheimer, Manfaat Sayur Kale yang Bikin Kamu Makin Sehat

0
190

Siapa yang sudah pernah merasakan manfaat sayur kale? Bentuk kale atau boerenkool sekilas bakal mengingatkan siapa pun pada selada, hanya saja daunnya lebih keriting dan tidak membentuk kepala seperti famili kubis lainnya. Dengan nama Latin Brassica oleracea acephala, sayuran hijau ini rupanya sudah populer di Jepang, sebagian besar negara di Eropa, dan Amerika.

Kale sarat akan mineral dan vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, fosfor, dan niasin. Jadi, dengan menyantap kale, kamu akan memperoleh benefit seperti:

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Rendahnya kadar kalori pada kale (hanya 35 kalori) membuat sayuran ini aman buat dikonsumsi. Karena bebas lemak, Kale dipercaya dapat mengurangi level kolesterol jahat dan secara tak langsung bakal melindungi jantungmu dari berbagai penyakit. Click To Tweet

  • Menyehatkan indra penglihatan
Lihat Juga:  Resep Simpel, Tumis tahu toge

Setidaknya ada 9500 IU vitamin A dalam 100 gram kale yang kamu konsumsi—setara dengan jumlah vitamin A yang dibutuhkan per harinya. Selain itu, kandungan zeaxanthin dalam kale berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan retina, sehingga matamu akan tetap sehat.

  • Mencegah kekurangan darah

Kale, seperti yang sudah disebutkan, punya zat besi asam folat yang bagus buat kesehatanmu. Zat besi dibutuhkan tubuh dalam pembentukan hemoglobin. Dengan takaran normal, zat besi akan mencegahmu dari kekurangan darah atau anemia.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Seperti halnya bayam dan sayuran hijau lainnya, kale kaya akan serat yang bagus buat sistem cernamu. Jika kamu punya masalah pencernaan seperti sembelit, konsumsilah kale secara teratur. Niscaya kamu akan mendapatkan manfaat sayur kale berkat kandungan seratnya yang tinggi.

  • Melindungi dari penyakit arthritis
Lihat Juga:  Makanan Dan Buah Tangan Khas Palembang Yang Bisa Kamu Bawa Pulang Sebagai Oleh-Oleh

Mengonsumsi sup kale secara berkala ternyata jadi bentuk perlindungan diri dari penyakit arthritis, lho. Hal ini dikarenakan kale mengandung senyawa antiinflamasi serta omega-3. Bahkan sup kale bagus buat disantap pasien penderita asma hingga penyakit autoimun.

  • Membantu proses detoksifikasi

Sebenarnya, tubuhmu melakukan detoksifiaksi secara alami. Akan tetapi, ada kalanya organ vital seperti hati atau liver bermasalah saat mengeluarkan racun berlebih. Untuk membantunya, kamu bisa memakan kale secara berkala untuk memberikan asupan serat dan sulfur yang melimpah.

  • Menghalangi kanker dan Alzheimer

Mengobati lebih baik daripada mencegah. Penyakit kronis seperti kanker dan Alzheimer yang sangat sulit buat disembuhkan dapat kamu halangi sedini mungkin dengan mengonsumsi kale. Pasalnya, sayuran ini sarat vitamin K dan fitonutrien yang mencegah pembekuan darah yang memicu kerusakan saraf otak.

Lihat Juga:  Resep Sambel Goreng Bawang, Pedas Gila...!!!

Mengolah kale bisa kamu lakukan dengan berbagai metode. Bukan cuma sup, sayuran ini dapat dibuat jadi salad hingga keripik sayuran yang enak dan menyehatkan. Pastikan kamu mengolahnya dengan baik dan tepat agar maanfaat sayur kale tetap stabil.