Sebelum Berangkat Backpacking Untuk Pertama Kali, Baca Dulu Ini

0
69

HMC Lovers, Sudah memikirkan apa yang mau Kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan selanjutnya? Pergi bareng-bareng bersama dengan keluarga dengan perjalanan yang santai mungkin terasa sedikit membosankan untukmu. Eh, kebetulan ada yang mengajak untuk backpacking dan ini adalah sesuatu yang belum pernah Kamu lakukan sebelumnya? Jangan gugup, bisa jadi backpacking justru memberikan pengalaman yang berharga di mana Kamu harus bisa beradaptasi dengan situasi di mana budget yang digunakan terbatas tapi tetap dapat fun-nya. Sebenarnya tidak ada batasan budget tertentu untuk melakukan perjalanan yang namanya “backpacking”. Namun para backpacker identik dengan perjalanan dengan menggunakan budget yang terbatas dan selalu bawa tas punggung ke mana-mana untuk bawa perlengkapan sehingga Kamu tidak banyak jajan. Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk perjalanan pertama backpacker? Ini dia beberapa poin pentingnya.

1.             Berkemas dengan cerdas

Packing memang selalu jadi poin penting untuk menentukan suksesnya perjalanan. Dalam backpacking, barang-barang yang bisa Kamu bawa mungkin bisa lebih diseleksi lagi ketimbang ketika Kamu liburan dengan membawa koper. Karena nantinya tas akan digendong di punggung maka perhatikan kenyamanan dan kemampuan Kamu dalam menggendong tas. Aturan yang dianjurkan untuk menentukan beban yang tepat untuk dipikul seseorang adalah tidak melebihi dari 30% berat badan Kamu. Jadi kalau Kamu punya berat badan 60 kg, beban tas backpack yang dipinggul sebaiknya tidak lebih dari 18 kg. Masing-masing orang memang punya kebutuhannya yang bisa berbeda dengan orang lain, tapi Kamu bisa tanya-tanya ke backpacker yang lebih berpengalaman, barang apa saja yang esensial untuk dibawa dan apa yang tidak masalah kalau ditinggal.

2.             Cari sepatu yang kuat

Poin dari backpack memang traveling dengan budget yang hemat, tapi Kamu mungkin mau mengeluarkan sedikit lebih banyak uang untuk punya sepatu jalan atau sepatu lari yang berkualitas bagus. Kenapa? Karena nantinya Kamu akan melakukan banyak jalan kaki untuk menghemat uang transportasi. Kamu akan jalan seharian ke sana sini yang pastinya kalau menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan fungsinya akan membuatmu menjadi tidak nyaman dan akhirnya keluar uang lebih banyak untuk beli sepatu baru. Pertimbangkan untuk beli sepatu boots yang lebih tahan terhadap segala medan jalan, melindungi kaki Kamu dari sinar matahari terik, dan juga tidak mudah basah bagian dalamnya kalau kehujanan atau jalan di permukaan yang becek. 

3.             Gadget yang bisa diandalkan

Senter dan peta sekarang bisa Kamu bawa dalam bentuk ponsel jadi semuanya bisa lebih praktis kalau Kamu bawa gadget mobile yang bisa diandalkan. Bisa diandalkan maksudnya adalah pastikan ia bisa menerima sinyal WiFi dan aplikasinya bisa berjalan dengan baik tanpa banyak macet apalagi crashing, kemudian kapasitas baterainya cukup alias tidak gampang drop karena pasti ada saatnya Kamu akan kesusahan cari outlet listrik untuk charger. Untuk ini Kamu juga bisa bawa powerbank yang desainnya compact alias tidak banyak makan tempat. Beri juga casing pelindung untuk ponsel Anda agar tidak mudah rusak karena benturan dan sebagainya. Bawa juga earplugs Kamu, bukan hanya untuk mengisi waktu dengan mendengarkan musik tapi juga untuk memblokir suara-suara “aneh” yang banyak terdengar di losmen-losmen murah yang jadi tempat menginap. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Lihat Juga:  Berniat Liburan ke Thailand? Simak 10 Tips Berikut Ini!