Sebelum Hiking, Jangan Lupa Ya Bawa 15 Barang Andalan Di Bawah Ini!

0
100
Travel items near backpack on the floor for mountain trip with retro camera, passports, GPS, boots, retro camera, flask and hiking equipment, top view

HMC Lovers, Siapa sih yang nggak suka kegiatan menjelajahi dan mendaki gunung atau yang lebih sering dikenal dengan hiking? Hiking sendiri memang sangat terkenal sekali nih di kalangan para remaja dan anak-anak muda. Apalagi yang juga mencintai hal ataupun tantangan baru, sudah pasti kegiatan hiking menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Dulu sih kegiatan alam yang satu ini sangat identik dengan para cowok. Hal ini dikarenakan hiking merupakan olahraga yang keras, menantang, dan banyak resikonya. Mau bagaimana lagi, memang kaum cowoklah yang paling banyak menyukai hal yang bersifat ekstrim. Tapi seiring berkembangnya zaman dan juga sedikit ada unsur emansipasi wanita, kegiatan hiking juga banyak diminati oleh para cewek lho!

Menyehatkan Badan dan pikiran

Kamu tau nggak kalau kegiatan hiking ini punya segudang manfaat? Hal tersebut benar sekali, salah satunya dapat menyehatkan dan menguatkan fisik. Ketika kamu melakukan jalan-jalan dan mendaki sebuah gunung atau bukit maka seluruh anggota badan bergerak. Aliran darah di dalam tubuh akan lebih lancar karena jantung akan memompa darah lebih cepat. Oleh karena itu, seluruh organ tubuh kamu akan mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup sehingga bisa bekerja dengan maksimal. Tak hanya itu saja, kegiatan hiking dapat melemaskan otot dan sendi dimana badan akan terasa lebih fleksibel. Bagi kamu yang punya masalah kesehatan seperti nyeri sendi, tulang, pegal-pegal dan badan lesu maka bisa hilang dengan perlahan.

Hiking juga bisa diandalkan sebagai hobi yang bisa membuat kamu senantiasa langsing lho! Alasannya karena kamu akan membakar lemak dan juga kalori dalam jumlah banyak di dalam tubuh. Terlebih lagi kalau medan alam yang dilalui cukup sulit seperti jalanan mendaki dan menurun yang curam, licin, banyak lumpur, lumut, atau melewati sungai. Hal tersebut akan membuat kamu mengeluarkan lebih banyak tenaga. Akibatnya, tubuh akan mengalami pembakaran lebih cepat sehingga lemak bisa hilang.

Lihat Juga:  10 Tips Penting Yang Perlu Diketahui Pendaki Gunung Wanita

Selain berguna bagi kesehatan, kegiatan hiking ini ternyata mampu menyehatkan pikiran dan jiwa. Bagaimana enggak, hiking saja harus dilakukan di kawasan alam seperti gunung, bukit, pegunungan, hutan, dan sebagainya. Karena kamu bakalan menyaksikan keindahan alam hijau yang masih sangat asri maka jangan heran kalau hiking bisa menghilangkan stress. Kegiatan ini memang sudah lama sekali dijadikan sebagai terapi karena dapat membuat perasaan manusia menjadi lebih bahagia dan tenang.

15 Barang Andalan Saat Hiking

Meskipun kedengarannya sepele karena hanya jalan-jalan santai di kawasan gunung saja tapi kamu wajib memperhatikan beberapa hal penting saat hiking. Selain fisik dan mental yang kuat, kamu harus persiapkan modal perjalanan, dan pastinya barang-barang yang dibutuhkan. Lalu, sebenarnya apa saja sih barang andalan yang wajib dibawa ketika sedang menjelajahi gunung?

  1. Baju Hangat

Ingat ya, udara di sekitar pegunungan sangat dingin karena masih banyak pohon yang tumbuh lebat. Kamu wajib sekali membawa beberapa baju hangat, misalnya jaket tebal, sweater, jemper, kaos tangan dan kaki, knit hat atau topi rajut, syal, dll. Untuk baju harian, kamu pakai saja pakaian santai seperti kaos lengan panjang, celana training, dan semacamnya.

  1. Air Mineral

Meskipun sedang menjelajahi hutan hujan tropis yang mengandung banyak sumber air sekalipun, tapi kamu harus membawa bekal air minum sendiri ya! Medan jalan di kawasan gunung dan hutan yang sulit akan membuatmu sering haus. Jadi kamu bisa minum air dengan bebas kapanpun dan dimanapun jika butuh.

  1. Jajanan Ringan

Repot banget ya jika kamu merasa lapar di tengah perjalanan dan harus masak mie instan atau makanan kaleng terlebih dahulu. Hal tersebut tentu saja bakalan membuang waktu dan tenaga, apalagi jika hari sudah menjelang sore atau malam. Nah, solusinya adalah bawalah jajanan ringan mengenyangkan yang banyak di dalam ransel. Kamu bisa bawa roti, snacks, biscuits, dll untuk mengganjal perut ketika rasa lapar melanda.

  1. Jas Hujan

Kita nggak bakalan tau dan memprediksi dengan tepat tentang kondisi cuaca di kawasan pegunungan. Cuaca di daerah tersebut bisa berubah kapan saja, terkadang berkabut, gerimis, bahkan hujan lebat. Agar perjalanan nggak terhambat maka jangan lupa membawa jas hujan agar kamu nggak kedinginan karena pakaian yang basah kuyup.

  1. Alat Navigasi

Nggak cuma kompas ya, tapi kamu bisa juga membawa sebuah peta mengenai daerah atau kawasan hutan dan gunung yang sedang dijelajahi. Kedua barang tersebut sangat penting sekali, apalagi jika kamu tersesat di perjalanan.

  1. Kantong Plastik

Sepele sih, tapi kantong plastik sangat multifungsi. Kamu bisa menggunakannya untuk membawa barang bawaan tambahan, penutup tas, pembungkus makanan, dan yang paling penting untuk menaruh sampah. Ketika melakukan kegiatan hiking maka jangan sekali-sekali berani membuang sampah sembarangan dan mengotori lingkungan ya!

  1. Senter

Senter berguna untuk menerangi jalan yang kamu lalui saat berhiking. Jalanan yang sempit, berlika-liku dan penuh tantangan akan lebih jelas terlihat jika kamu menggunakan senter.

  1. Kotak P3K

Jangan sepelekan hal yang satu ini ya. Bawalah selalu kotak P3K selama melakukan hiking sebagai pertolongan pertama jika terjadi suatu masalah kesehatan di tengah perjalanan.

  1. Pisau Lipat

Pisau lipat penting sekali bagi para pecinta alam yang sedang kemah, mendaki gunung, atau bahkan hiking. Gunanya tentu sangat banyak, misalnya memotong ranting, mengiris makanan, memotong tali, dan sebagainya.

  1. Korek Api

Barang kecil tapi sangat berarti sekali saat kamu berada di tengah gunung ataupun hutan. Korek api bisa kamu pakai untuk membuat api unggun sebagai penghangat tubuh, memasak makanan, dan sumber cahaya. Atau saat darurat, kamu bisa membuat tanda bantuan dengan membakar dedaunan kering.

  1. Kaca Mata

Eits, jangan salah ya ternyata kaca mata juga punya peran besar saat kamu melakukan kegiatan hiking. Biasanya sinar matahari akan lebih terik di kawasan atau daerah yang lebih tinggi. Untuk menjaga kesehatan mata maka sebaiknya bawalah sun glasses!

  1. Tissue Kering dan Basah

Barang ini juga penting, terutma untuk membersihkan peralatan, sebagai pengganti mandi, mengelap keringat, membersihkan anggota badan, dan masih banyak lagi.

12 barang di atas sepertinya memang wajib sekali dibawa oleh para pendaki atau yang sedang melakukan kegiatan hiking. Area hutan dan gunung sangat beresiko karena kamu nggak akan menemukan bantuan dengan mudah. Oleh sebab itu, menyiapkan berbagai macam barang dan peralatan multifungsi dapat mempermudah bertahan hidup di sana.