Pakaian tak hanya soal gaya dan penampilan seseorang, tapi juga bisa menggambarkan kepribadian. David Zyla, stylist dan penulis buku ‘Color Your Style’ mengatakan, “Sekalipun lemari pakaian Anda diisi dengan pakaian dengan berbagai warna dan corak, selalu ada warna yang lebih sering dipilih karena membuat kita merasa lebih nyaman dan percaya diri. Dan warna itulah yang mencerminkan karakter Anda.”

Nah, karena masing-masing warna memiliki filosofi masing-masing, apa hubungannya warna pakaian terhadap kepribadian? Kalau kamu penasara, coba ikuti tes kepribadian berikut, seperti dilansir dari Bright Side.

1. Hitam
Memang menurut penelitian di bidang psikologi, warna hitam dipersepsikan oleh orang lain sebagai rasa gengsi, kekuasaan, keseriusan, dan kecerdasan. Itulah mengapa di banyak universitas Eropa, toga wisuda berwarna hitam.

Baca Juga:  7 Olahraga yang Membakar Banyak Kalori

Selain itu, orang yang suka memakai pakaian warna hitam dinilai sebagai orang yang ambisius dan sensitif. Biasanya, mereka emosional dan mudah bergairah, meskipun mereka sering berusaha menyembunyikannya.

2. Biru
Menurut seorang jurnalis dan psikolog, Lisa Johnson Mandellj biru adalah warna terbaik untuk dipakai dalam wawancara, karena itu memancarkan kepercayaan dan keandalan. Oleh karena itu, seragam kerja atau seorang pebisnis sering menggunakan pakaian warna biru.

Di sisi lain, para ilmuwan dari University of British Columbia mengadakan studi tentang pengaruh warna dan menemukan bahwa warna biru yang lebih gelap memiliki efek menenangkan. Dari hasil penelian terungkap bahwa orang cenderung mengasosiasikan warna biru dengan kecerdasan, kepercayaan, efisiensi, dan ketenangan.

Baca Juga:  Ini 5 Idol K-Pop Paling Berpengaruh dan Menggemparkan di Jagat Medsos Versi Forbes

3. Hijau
Ilmuwan dari Universitas Amsterdam mengatakan warna hijau dapat menopang suasana hati yang baik di dalam diri dan lingkungan.

 

“Kenikmatan hijau berasal dari hubungannya dengan warna alam, yang menyebabkan perasaan damai dan puas,” kata Leatrice Eiseman, direktur eksekutif Pantone Color Institute dan penulis buku, More Alive With Color .

Orang yang sering menggunakan warna hijau cenderung lebih perhatian dan baik hati.

Sumber: Suara