Simak Tips Aman Untuk Wisatawan Lombok Setelah Rentetan Gempa Yang Melanda

0
52
Tips Aman Untuk Wisatawan Lombok
Retakan Tanah Yang terjadi Akibat Gempa (FOTO ANTARA/Ahmad Subaidi)

Deretan gempa mengguncang Lombok sejak Minggu kemarin. Inilah Tips Aman Untuk Wisatawan Lombok yang masih berada di sana.

Sebelumnya Beberapa gempa telah mengguncang Lombok, dengan guncangan besar 6,5 SR hingga 7 SR. Sampai saat ini gempa susulan masih mungkin terjadi lagi.

Menurut tinjauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) setidaknya sudah ada 6 gempa sejak kemarin lalu. Untuk itulah mereka memberikan saran langkah-langkah pengamanan yang bisa dilakukan semua orang yang ada di Lombok termasuk para wisatawan:

1. Bersikap Tenang Dan Mengikuti Arahan Pihak Resmi

Masyarakat dihimbau untuk bersikap tenang dan hanya mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Tidak perlu sampai terpancing oleh isu-isu tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi atau tsunami.

Lihat Juga:  Sebelum Berangkat Backpacking Untuk Pertama Kali, Baca Dulu Ini

Para wisatawan ada baiknya juga mem-follow akun-akun resmi BNPB, PVBMG dan pihak resmi lain untuk informasi terbaru tentang situasi Lombok. Jangan mengikuti informasi-informasi lain yang tidak jelas sumbernya.

2. Selalu Waspada Gempa Susulan

Gempa bumi susulan diharapkan lebih kecil dari gempa bumi utama. Namun wisatawan diharapkan tetap selalu waspada akan adanya gempa susulan yang mungkin akan kembali terjadi.

3. Jauhi Bangunan Dan Mencari Tempat Terbuka

Semua orang termasuk wisatawan diusahakan untuk tetap berada di tempat terbuka. Mereka diminta untuk menghindari berada di dalam bangunan. Karna akibat guncangan gempa bumi yang terjadi sebelumnya, bangunan menjadi rawan roboh.

4. Waspada Terhadap Retakan Permukaan Bumi

Dalam gempa Bumi yang terjadi di lombok kali ini, telah terjadi banyak retakan pada permukaan Bumi. Misalnya timbulnya retakan jalan menuju ke Pelabuhan Kayangan seperti yang telah di jelaskan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Lihat Juga:  Sebelum Hiking, Jangan Lupa Ya Bawa 15 Barang Andalan Di Bawah Ini!

5. Waspada Tanah Longsor

Bagi para wisatawan yang sedang berada di sekitar pegunungan, perbukitan atau kaki Gunung Rinjani diminta waspada terhadap reruntuhan tanah. BNPB mencatat telah terjadi longsor di Sembalun, tepatnya di Bukit Pegangsingan dan Bukit Anak Dara. Para Wisatawan sebaiknya menjauhi tempat-tempat rawan longsor di NTB itu.