Kalau Pengin Mendapat Foto Pegunungan yang Indah, Ikuti Tip Mudah Ini!

0
104

Mengunggah foto pegunungan yang indah di media sosial seperti Instagram jadi hal yang cukup umum dilakukan. Apa kamu juga ingin menerapkannya, tetapi masih belum tahu cara memotret yang benar? Mengabadikan panorama gunung seperti fotografer profesional kini bukanlah hal mustahil selama kamu mengetahui triknya.

Bermodalkan kamera saku atau hanya ponsel pintar, kamu bisa mendapatkan hasil berkualitas tinggi dengan cara-cara ini:

  • Mengetahui waktu pendakian

Mendaki saat cuaca cerah jadi waktu tepat buatmu untuk mengambil potret-potret mengangumkan saat mendaki. Jika memungkinkan, datanglah pada bulan Juni sampai Agustus demi hasil optimal. Kemudian, pastikan kamu sedang tidak memotret di tengah tekanan udara rendah, karena keadaan tersebut bakal menimbulkan kabut tebal yang menghalangi objek foto.

  • Meggunakan kamera profesional

Memang sekarang sudah ada banyak ponsel pintar yang kualitasnya menyamai DSLR. Namun, tidak ada yang bisa benar-benar menandingi kamera profesional sesungguhnya. Jika kamu ingin memotret seperti fotografer sungguhan, bawalah DSLR alih-alih memakai ponsel pintar. Kamu dapat meminjam perangkat tersebut dari teman atau membelinya sendiri kalau punya bujet.

  • Jangan berhenti mencari momen

Kecermatan fotografer dalam mengambil momen-momen berkesan jadi kunci potret fantastis. Maka, bila kamu menginginkan foto yang ‘berbicara’, jangan malas buat mencari momen tersebut. Misalnya, dengan mengabadikan matahari terbit alih-alih saat tenggelam. Beberapa lokasi di Indonesia yang menghasilkan foto pegunungan yang indah meliputi Bromo, Prau, hingga Rinjani.

Lihat Juga:  Sebelum Hiking, Jangan Lupa Ya Bawa 15 Barang Andalan Di Bawah Ini!
  • Mengambil angle yang berbeda

Foto-foto yang diambil dari angle berbeda akan menciptakan kesan tersendiri. Dalam hal ini, kamu dapat meminta bantuan pemandu yang benar-benar tahu lokasi bagus buat memotret di pegunungan. Selain itu kamu juga harus berani bereksperimen dalam mencari sudut terbaik saat mengabadikan panorama yang memukau. Asal tetap hati-hati, ya!

  • Manfaatkan panorama dan efek lensa

Masih belum sanggup membeli kamera profesional? Manfaatkan fitur panorama di kamera ponselmu dan gunakan efek lensa untuk menghasilkan potret berkualitas. Selain lewat pengaturan kamera, panorama juga bisa kamu dapatkan lewat aplikasi seperti Panorama 360 dan Photaf Panorama. Sementara untuk lensa, belilah satu paket efek lensa di toko-toko kamera tepercaya.

  • Pertimbangan memakai tripod

Ada kalanya, kamu malah memperoleh foto blur atau goyang karena tangan gemetar. Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, pertimbangkan untuk menggunakan tripod. Tripod memudahkanmu dalam banyak hal selain memotret. Antara lain merekam video time lapse hingga menangkap momen matahari terbit saat langit sedang berawan. Potret yang diambil dengan bantuan tripod pun akan lebih stabil.

Lihat Juga:  Sebelum Menjajal Scuba Diving, Praktikan 7 Tip Dalam Latihan Teknik Pernapasan Ini!

Demikian tip seputar fotografi saat mendaki. Mudah-mudahan informasi ini membantu kamu dan teman-teman pendaki mendapatkan foto pegunungan yang indah dan tentunya bisa diunggah ke media sosial maupun buat dicetak.