vaksin gratis corona

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menuturkan belum bisa menyampaikan jenis vaksin apa yang bakal diberikan gratis untuk masyarakat dalam rangka pencegahan Covid-19.

Dia meminta masyarakat menunggu keputusan resmi pemerintah perihal rincian vaksin yang akan diberikan. “Untuk jenis vaksin apa yang digunakan harap menunggu keputusan resmi dari pemerintah,” ujar Wiku , Rabu (16/12/2020).

Meski demikian, Wiku memastikan bahwa digratiskannya vaksin Covid-19 bertujuan mencapai herd immunity (kekebalan komunitas) agar pandemi di Indonesia segera usai. Pemerintah ingin vaksinasi bisa mendorong percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga: Saat Vaksin Covid-19 Akhirnya Digratiskan untuk Masyarakat… ” Vaksin akan digratiskan untuk mencapai herd immunity dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 agar pandemi segera usai,” tuturnya.

Baca Juga:  Microsoft: Peretas Rusia, Korea Utara Berupaya Curi Data Vaksin

Dikonfirmasi secara terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, tindak lanjut dari keputusan digratiskannya vaksin Covid-19 untuk masyarakat masih dimatangkan.

“Ini masih baru ya pengumumannya. Kita matangkan dulu tindak lanjutnya,” tutur Nadia. Diberitakan, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa pemerintah akan menggratiskan semua vaksin Covid-19.

Keputusan ini diambil setelah para pemangku kepentingan menerima banyak masukan dari masyarakat dan mengalkulasi ulang keuangan negara.

“Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga:  Supaya Lolos Naik Kereta Api, Kamu Harus Siapin Dokumen Ini Dulu

Jokowi menginstruksikan jajarannya di semua kementerian/lembaga serta pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Ia juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain untuk program vaksinasi gratis. “Sehingga, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan enam jenis vaksin yang akan digunakan untuk vaksinasi Covid-19 di Indonesia,

yaitu: Bio Farma (Persero), Astra Zeneca-Oxford, Sinopharm, Moderna, Pfizer-BioNTech, dan Sinovac.

Penetapan enam jenis vaksin itu melalui Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor H.K.01.07/Menkes/9860/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanan Vaksinasi Covid-19.