Temukan Benda Antik Zaman Megalitikum, Warga Lombok Timur Heboh

0
61
Warga Lombok Temukan Benda Antik
Gumpalan tanah tempat ditemukannya benda-benda antik.

Warga lombok temukan benda antik zaman megalitikum tepatnya di Desa Sapit, Kecamatan Suela, Lombok Timur hingga heboh atas ditemukannya benda-benda bersejarah tersebut. Benda antik itu di temukan di area persawahan warga.
Temuan barang antik itu tidak pernah disangka oleh enam orang pemuda penggiat wisata alam desa setempat. Enam orang pemuda tersebut adalah Jan, Dani, Roni, Akir, Asror dan Eril.

Batu datar bertuliskan aksara kuno yang ditemukan (Foto Dokumentasi Jannatan)

Mulanya, mereka ber 6 sedang menggali tanah di tengah sawah kesubakan Dusun Batu Cangku, Desa Sapit, Kec. Suela, Kab Lombok Timur, NTB.

Rencananya Areal persawahan yang digali itu akan dijadikan kolam pemancingan. Mereka akan membuat sebuah usaha warung makan lesehan, yang kelak nantinya akan dikelola oleh mereka sebagai cikal bakal merintis desa ekowisata.

Lihat Juga:  Humas BNPB: Embun Salju Kawasan Dataran Tinggi Dieng Normal Saat Kemarau

Gumpalan Tanah Dan keramik (Foto Dokumentasi Jannatan)”Benda antik yang kami temukan berbentuk piring dan kendi. Sementara isi didalam kendi besar itu terdapat gumpalan tanah berbentuk bulat dan juga terdapat keris di dalamnya,” Ujar Jan.

Tidak hanya itu, di hari yang sama namun pada titik yang berbeda, enam orang pemuda desa itu menemukan batu yang ukurannya cukup besar dan bertuliskan aksara/prasasti kuno.

“Telah ditemukan pada hari Kamis siang tanggal 20 September 2018. Penemuan sejenis situs seperti ini kerap terjadi, hanya saja jarang kita publikasikan, karna kami sedang mempersiapkan untuk membuat museum desa” ungkapnya.

Diterangkan Jannatan bahwa beragam jenis benda antik sudah sangat sering ditemukan oleh warga di desanya. Benda bersejarah seperti itu dikoleksi pribadi oleh warga yang menemukannya di lahan sawah miliknya. Sayangnya benda antik yang ditemukan banyak yang sudah dijual oleh pemiliknya kepada kolektor benda-benda antik.

Lihat Juga:  Inilah Keunikan Pulau Lombok yang Sayang untuk Dilewatkan Para Backpacker Indonesia!

Diduga berasal dari Era Megalitikum

Beberapa Kendi dan Keramik Hasil Temuan (Foto Dokumentasi Jannatan)

“Belum kita ketahui soal tahun awal mula adanya, yang jelas kami menemukan situs benda di fase megalitikum, fase transisi menuju moderen, yaitu zaman keramik dan zaman perunggu,” ujar Jan.

Benda-benda antik yang ditemukan oleh enam orang pemuda tersebut kini masih disimpan di suatu tempat yang cukup aman. Rencananya kedepan akan dibuat museum desa untuk memamerkan benda-benda antik hasil temuan tersebut.